Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan di Malam Hari untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Menurunkan berat badan selalu berhubungan dengan mengendalikan asupan kalori dan menjaga pola makan yang seimbang. Namun, hal ini juga dapat dibarengi dengan kebiasaan sehari-hari melalui gaya hidup sehat. Melalui perubahan yang kecil sedikit pun, kamu juga dapat membiasakan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di malam hari.

Hasil yang signifikan dapat diperoleh dari suatu proses yang dilakukan secara rutin dan konsisten. Oleh sebab itu, apabila Sahabat Fimela sedang dalam proses menjalani diet, berikut beberapa kebiasaan di malam hari yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya bisa mengendalikan berat badan, tetapi juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Merangkum dari WebMD, simak uraian berikut:

 

1. Tidur yang Cukup

Banyak manfaat yang bisa didapatkan hanya melalui tidur yang cukup. Dengan memiliki jadwal tidur yang konsisten, seseorang bisa mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Tidur dapat mendukung fungsi hormon tubuh secara normal dan menjaga fungsi sistem kekebalan. Ditambah lagi, tidur dapat menurunkan berat badan. Bagi orang dewasa, disarankan untuk memiliki jadwal tidur sekitar tujuh hingga delapan jam. 

 

2. Melakukan Latihan Beban Tubuh

Melakukan aktivitas fisik di sore hari dapat membantu untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan tubuh bisa lebih cepat untuk beristirahat. Lakukan latihan beban tubuh sebagai rutinitas untuk melatih kekuatan. Misalnya dengan melakukan squat, push up, atau hanya sekadar berjalan-jalan di sekitar rumah. Pilihan lainnya yaitu dengan melakukan peregangan untuk meringankan ketegangan otot. Usahakan untuk tidak melakukannya terlalu larut malam.

 

3. Tetap Konsisten dengan Jadwal

Salah satu hal yang diperhatikan sebelum tidur untuk menurunkan berat badan adalah makan tepat waktu. Namun, dianjurkan unutk menjaga waktu makan dan tidur agar tetap konsisten. Jika merasa makan berlebihan di malam hari, mungkin saja hal itu terjadi karena belum tercukupinya konsumsi di siang hari.

Cara untuk mengatasinya adalah memastikan untuk makan secara teratur. Apabila sudah menetapkan jadwal makan dengan konsisten, tubuh pun akan mengetahui kapan waktunya untuk mengantisipasi makanan. Hal ini pun bisa mencegah untuk konsumsi makanan yang berlebihan di luar jam makan.

Mengonsumsi camilan di antara makan siang dan makan malam pun tidak akan menjadi masalah selama tidak berlebihan. Cobalah untuk menyajikan makan malam yang sehat hanya dalam porsi yang kecil dan tidak berlebihan. 

 

4. Menyingkirkan Perangkat Elektronik

Menyingkirkan perangkat elektronik seperti laptop, tablet, atau handphone bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini disebabkan karena paparan cahaya dari perangkat tersebut dapat mengganggu produksi melatonin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terlalu banyak menggunakan perangkat elektronik tanpa disadari bisa memengaruhi seseorang untuk makan berlebihan saat malam hari. Dalam rangka mencegah hal tersebut, maka lebih baik untuk mengalihkan perhatian dan segera beranjak tidur dalam waktu yang lebih cepat. 

 

5. Tidur di Lingkungan yang Dingin dan Gelap

Tidur di ruangan gelap dan dingin akan membuat rutinitas tidur menjadi lebih baik dan berkualitas. Saat sedang mencoba untuk menurunkan berat badan melalui tidur yang nyenyak, cobalah untuk mematikan lampu dan mengurangi intensitas cahaya, setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Melansir dari Healthline, tidur yang buruk bisa menimbulkan banyak dampak, salah satunya dapat meningkatkan asupan kalori, terutama jika melakukan camilan di larut malam. Meliputi ukuran porsi dan juga waktu yang tersedia untuk makan. Di samping itu, tidur yang buruk dapat berkaitan dengan peningkatan asupan makanan tinggi kalori, lemak, dan gula. 

Kebiasaan sehat di atas dapat membantu untuk berkontribusi dalam penurunan berat badan. Meskipun dengan kebiasaan yang simpel, Sahabat Fimela dapat mengendalikan diri dengan menetapkan rutinitas baru untuk diet dan mempertahankan kesehatan secara fisik. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan pola makan dengan makanan yang bergizi dan rendah kalori. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading