Sukses

Lifestyle

Tubuh Aman Dan Sehat Dengan 5 Tips Diet Sehat Berikut Ini!

Fimela.com, Jakarta Makanan kaya akan buah dan sayuran telah terbukti secara sains dapat menunjang berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh seperti gangguan kronis hingga dapat mempertahankan kesehatan tubuh. Menurut WHO, diet yang sehat adalah diet yang makanannya mengandung buah, sayuran, kacang-kacang dan biji-bijian. 

Setidaknya kamu harus mengonsumsi 400 gram buah dan sayuran perhari. 10% energi juga bahan makanan bebas gula seperti madu, jus buah, sari buah. 30% energi juga diambil dari lemak seperti ikan, alpukat, dan bahan makanan lain yang bebas dari olahan lemak jenus berlebih. Dan terakhir asupan garam juga harus dikurangi, atau batas maksimum 5 gram saja. 

Namun tentu saja dalam menjalani diet misalnya membutuhkan waktu untuk memanage. Kamu bisa melakukannya dengan mengatur kebutuhan bahan makanan yang cocok dengan tubuh hingga mengganti bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam waktu tertentu, misalnya telur ketika sarapan. 

Masih bingung dengan menjalankan diet yang sehat? Berikut 5 Tips diet sehat, aman, dan tentunya akan membantumu mencapai body dan healthy goals yang kamu inginkan, informasi dari Healthline ini bisa kamu baca berikut ini. 

1) Pelan-pelan saja, jangan berlebihan

Tempo makan ternyata mempengaruhi seberapa banyak yang kamu konsumsi serta menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan berat badan. Sebuah studi membandingkan kecepatan makan dan menunjukkan fakta bahwa seseorang yang makannya cepat dapat terus menerus mengunyah (tanpa dapat menahan proposi tubuh yang sudah ideal atau tercukupi) dan dapat menaikkan berat badan lebih banyak dari seseorang yang makannya lebih lambat. 

Semua ini dikontrol berdasarkan hormon, hormon memberikan sinyal ke otak ketika kamu dalam keadaan lapar atau kenyang. Namun waktu untuk sinyal sampai ke otak adalah 20 menit. Maka dari itu, makan secara perlahan dapat memberikan waktu untuk menyampaikan sinyal tersebut ke otak. Selain itu penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan secara perlahan dapat membantu untuk mengatur kontrol berat badan serta mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi. 

 2) Pilih roti gandum utuh daripada roti gandum olahan 

Agar dietmu makin sehat kamu bisa memilih roti gandum daripada roti olahan. Yang dimaksud olahan di sini adalah bahan baku utama roti yaitu biji-bijian yang dipakai bukan berasal dari biji murni. Biji-bijian olaha ini sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Namun ruti gandum utuh berbeda sebab roti gandum utuh memiliki serangkaian manfaat untuk tubuh seperti mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, gangguan jantung serta kanker. Roti gandum juga memiliki banyak sumber seperti fiber rB, vitamin, mineral seperti zinc dan magnesium. 

3) Gunakan greek yogurt sebagai pengganti susu

Greek yogurt ini lebih tebal serta creamy daripada yogurt biasa. Proses pembuatannya juga telah mengangkat protein whey sehingga produk yang kita minum ini adalah bagian yang kaya akan lemak serta protein daripada yogurt biasa. Faktanya, kandungan protein ini dua kali lipat lebih banyak dari yogurt biasa. 

Mengonsumsi greek yogurt merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi asupan protein yang akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu lama sehingga kamu dapat menjaga pola makan dan mengurangi asupan makanan yang masuk ke tubuh. Tidak hanya itu, greek yogurt juga mengandung karbo dan laktosa yang lebih sedikit daripada yogurt biasa. Makanya greek yogurt cocok untuk orang-orang yang sedang diet rendah kalori serta intoleran laktosa. Cara  penyajiannya bisa ditambahkan topping buah-buahan ataupun sereal, agar lebih sehat pastikan pilih greek yogurt yang plain. 

4) Jangan berbelanja tanpa membuat list makanan 

Ada 2 strategi yang bisa kamu terapkan di sini, buat list makanan dan jangan membeli makanan karena laper mata. Ketahuilah impulsif buying dapat membuat tubuh mengonsumsi makanan yang kurang nutrisi. Maka dari itu kamu harus menulis bahan-bahan makanan dalam daftar list. 

Alternatifnya kamu bisa mencoba berkreasi dengan bahan makanan yang sehat, banyak juga makanan dengan bahan baku utama sehat yang dapat membuatmu merasa segar dan memulihkan energi. Akibatnya tubuh tidak akan lemas justru dalam kondisi prima. 

 

5) Konsumsi telur ketika sarapan

Telur sangatlah sehat untuk dikonsumsi terutama pada pagi hari. Telur kaya akan protein berkualitas tinggi serta nutrisi esensial yang jarang seperti choline. Sebuah hasil penelitian menunjukkan menu sarapan paling kaya akan nutrisi adalah telur dengan menduduki posisi pertama. 

Mengonsumsi telur pada pagi hari meningkatkan rasa kenyang, hal ini juga ditunjukkan pada orang-orang yang mengonsumsi telur di pagi hari membuat mereka mengonsumsi makan siang dengan sedikit kalori. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi berat badan berlebih. Sebuah studi pada 50 orang menunjukkan mengonsumsi telur ketika sarapan dapat mengurangi rasa lapar serta mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi pada saat makan siang maupun makan malam. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading