Sukses

Lifestyle

Art Jakarta Resmi Dibuka, Intip Keseruan Pekan seni Rupa iInternasional Ini

Fimela.com, Jakarta Art Jakarta kembali hadir, dengan venue baru dan beragam program menarik. Acara ini merupakan salah satu acara art exhibition terbesar yang dinantikan oleh banyak pihak, khususnya peminat seni di Indonesia. Sebagai wadah tempat bertemunya para pelaku industri seni untuk berinteraksi setiap tahunnya.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2009, pekan seni ini selalu terbuka akan perubahan dan adaptasi. Tahun ini, di gelaran ketiga belasnya, Art Jakarta kembali membuktikannya dengan berpindah ke JIEXPO Kemayoran.

Dengan area sekitar 10.000 m², Art Jakarta 2023 menghadirkan pameran lebih besar yang mencakup lebih banyak ekshibitor dibanding tahun lalu, dengan total 68 galeri. Sebanyak 40 galeri dari Indonesia dan 28 galeri dari mancanegara yang mengusung karya terbaru seniman mereka. Galeri mancanegara datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia. Artistik Director Enin Supriyanto mengungkapkan,

Di venue baru, Art Jakarta tahun ini kembali mendapatkan kepercayaan penuh dari galeri maupun rekanan yang berperan serta. Semua optimistis dan berharap bahwa di JIEXPO Kemayoran, Art Jakarta sebagai pelantar atau platform dan forum yang dapat berperan dalam menjaga dinamika perkembangan medan seni rupa di Indonesia, bahkan Asia.

Art Jakarta juga bekerja bersama dengan tiga Mitra Utama tahun ini: Julius Baer, institusi terdepan dalam sektor wealth management di dunia dengan tradisi panjang sebagai patron seni; UOB Indonesia, institusi perbankan regional sekaligus pendukung seni rupa yang konsisten mewujudkan komitmennya di Asia Tenggara; dan Bibit, aplikasi investasi digital pemenang penghargaan yang mendorong literasi finansial di seluruh Indonesia. Tiga Mitra ini seluruhnya berkolaborasi dengan seniman-seniman berbakat, antara lain menghadirkan karya pemenang penghargaan dan karya komisi yang akan tampil perdana.

Beragam Program Menarik

Dengan berbagai kegiatan dalam program di atas, Art Jakarta mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid, menyatakan, “Art Jakarta 2023 merupakan wujud nyata dari kreativitas yang tak pernah lelah berinovasi. Tahun ini, kita akan kembali menyaksikan sebuah perhelatan seni yang menggabungkan tradisi, modernitas, dan teknologi di Jakarta. Sebagai venue baru yang lebih luas dan strategis, JIEXPO Kemayoran adalah kanvas sempurna bagi seniman dan galeri dari dalam dan luar negeri untuk menampilkan karya-karya terbaik mereka. Kemitraan dengan Julius Baer, UOB Indonesia, dan Bibit menegaskan komitmen bersama terhadap pertumbuhan ekosistem seni yang berkelanjutan. Kita berharap bahwa pekan seni ini akan menjadi jembatan bagi dialog budaya yang lebih inklusif dan inovatif, memperkaya warisan budaya kita sambil memperkuat ekosistem seni rupa di Indonesia.”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading