Sukses

Lifestyle

Penting Diperhatikan, Ini 5 Tanda Kulkas Harus Segera Diganti

Fimela.com, Jakarta Kulkas merupakan salah satu barang elektrobik yang sangat berguna dalam kebutuhan rumah tangga. Sebab, kulkas dapat menyimpan makan dan minuman. Kulkas mendinginkan makanan dan minuman sehingga membuatnya menjadi lebih tahan lama.

Sahabat Fimela mungkin bertanya-tanya, seberapa lama kulkas dapat bertahan? Dengan memilih model berkualitas tinggi, kulkas dapat bertahan hingga 10 hingga 15 tahun. Akan tetapi, pada akhirnya setiap kulkas akan mencapai akhir masa pakainya.

Ketika kulkas sudah cukup lama dipakai, tidak bisa dipungkiri, pasti muncul kerusakan pada kulkas. Selain usia kulkas yang sudah cukup tua, kerusakan pada kulkas juga bisa ditimbulkan dari kebiasaan penggunanya. Misalnya, membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama, jarang membersihkan kulkas, mengisi kulkas terlalu penuh, dan lainnya.

Kebiasaan tersebut bisa membuat kulkas cepat rusak dan harus segera diganti. Nah, berikut adalah tanda-tanda kerusakan kulkas, yang mana membuatnya harus segera diganti. Simak informasi selengkapnya, yuk!

1. Makanan lebih cepat busuk

Sahabat Fimela pernah menyimpan makanan dan minuman di kulkas dan cepat membusuk, padahal baru beberapa hari disimpan? Makanan dan minuman lebih cepat membusuk saat disimpan dalam kulkas bisa menjadi tanda bahwa kulkas harus segera diganti.

Dilansir dari Bob Vila, makanan dan minuman yang cepat membusuk dalam kulkas disebabkan karena suhu kulkas yang kurang dingin. Dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, makanan yang mudah membusuk sebaiknya disimpan dalam suhu 4 derajat Celcius atau kurang.

Sahabat Fimela bisa mengecek pengaturan suhu untuk memastikannya sudah diatur dengan benar. Jika tidak ada yang kelihatan salah dengan pengaturan tersebut, kemungkinan besar kulkas sudah mendekati akhir masa pakainya dan harus segera diganti.

2. Pintu kulkas tidak bisa tetutup rapat

Hal lain yang menandai kulkas harus segera diganti adalah pintu kulkas yang sudah tidak bisa lagi tertutup rapat. Pintu kulkas cukup krusial dalam pengaturan suhu kulkas. Jika pintu tidak bisa tertutup rapat, suhu dingin dalam kulkas bisa terganggu. Akibatnya, makanan bisa membusuk lebih cepat.

Sebenarnya, banyak penyebab karet pada pintu kulkas menjadi longgar dan tidak bisa tertutup rapat. Jika penyebab tersebut sudah tidak bisa diperbaiki, sebaiknya segera ganti kulkas, ya.

3. Muncul bunyi dengung yang kencang

Dialnsir dari Bob Vila, sebagian besar kulkas mengeluarkan bunyi dengung yang lembut. Akan tetapi, jika kulkas mulai mengeluarkan bunyi dengung yang kencang, mesin kulkas kemungkinan tidak bekerja dengan baik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cobalah mencabut steker kulkas dan menyambungkannya kembali ke stopkontak. Jika dengung kencang tetap berlanjut, kemungkinan besar kulkas Sahabat Fimela sudah dalam kondisi rusak dan harus segera diganti.

4. Terjadi penumpukan es pada freezer

Normalnya, freezer akan memproduksi sedikit ice frost, yang dapat diatasi dengan mematikan freezer dan membiarkan ice frost tersebut mencair. Namun, jika Sahabat Fimela terus menerus dihadapkan dengan tumpukan ice frost pada freezer setiap kali menyimpan makanan di dalamnya, kemungkinan besar kulkas tersebut sudah rusak dan harus segera diganti.

Nah, jika memiliki biaya lebih, disarankan untuk meng-upgrade kulkas ke model yang bebas ice frost. Dengan kulkas model bebas ice frost, Sahabat Fimela tidak perlu melakukan defrosting secara manual dan akan mengurangi biaya energi.

5. Terjadi kebocoran atau kondensasi

Jika kulkas Sahaabt Fimela bocor atau mengalami kondensasi, artinya ada yang tidak beres. Kondensasi di dalam kulkas dapat menyebabkan proses pembusukan makanan, sedangkan kondensasi di bagian luar kulkas dapat merusak permukaan dan memicu pertumbuhan jamur atau jamur.

Kondensasi pada kulkas terjadi ketika uap air di udara mengalami pendinginan dan berubah menjadi bentuk cair. Kondensasi yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kelembaban di sekitar kulkas, yang sekring berjalnnya waktu dapat mempengaruhi kinerja kulkas. Kelembaban berlebih dapat menyulitkan kulkas untuk menjaga suhu yang dingin, sehingga menyebabkan konsumsi energi yang lebih tinggi dan memperpendek umur kulkas.

Maka dari itu, Sahabat Fimela perlu mengtasi masalah kondensasi ini secepat mungkin untuk menjaga kinerja dan efisiensi kulkas. Jika masalah kondensasi ini sudah tidak bisa diperbaiki, segera ganti kulkas tersebut, ya.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading