Sukses

Lifestyle

Fakta Menarik Seputar Mycro Gym yang Manfaatkan Coworking dan Fitness

Fimela.com, Jakarta Bisnis dengan model coworking saat ini telah diterapkan dalam berbagai industri mulai dari garasi rumah hingga klinik pengobatan. Salah satu dari tren terbarunya adalah coworking dengan bentuk mycro-gym yang bertujuan untuk memberikan pelayanan khususnya kepada personal trainer untuk menjalankan bisnisnya maupun gym-goer yang mencari komunitas gym dengan jumlah yang lebih kecil, dari sinilah dimanfaatkan coworking dan gym yang tercipta menjadi Micro-gym. 

Banyak sekali orang-orang yang mulai berkutat pada jenis yang satu ini karena lebih terasa sisi kebersamaan dalam komunitas, memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnisnya terutama coworking space sendiri mempersilahkan para freelancer dan para pemilik startup untuk memulai bisnisnya. 

Ditambah dengan mycro-gym ini juga membiarkan personal trainer melatih kliennya, serta menambah relasi dengan banyaknya pelatih fitness profesiomal dalam satu tempat dapat memberikan kesempatan untuk memperdalam industri bisnis satu ini. Berikut informasi lengkap yang disadur dari Optyx untuk kalian, selamat membaca. 

Apa itu micro-gym?

Sebuah aktivitas yang menggabungkan antara pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama atau coworking dengan fitnes merupakan pengertian dari mycro-gym. Secara sederhana, aktivitas berskala kecil ini dilakukan oleh personal trainer maupun instruktur fitness untuk melatih individu maupun grup berskala kecil. 

Tujuannya adalah memberikan rasa kenyamanan, rasa pertemanan atau kolega, serta alternatif latihan yang lebih fleksibel untuk berlatih dan memperkuat tubuh. Mycro-gym ini juga menawarkan serangkaian training business tanpa harus didukung dan melakukan pelatihan layaknya gym komersial lainnya. 

Set up untuk Mycro-Gym 

Peralatan untuk mycro-gym mungkin akan terlihat berbeda dengan yang gym lainnya, tergantung di mana kamu berlatih, berikut beberapa setup untuk mycro-gym: 

  • Sebuah ruangan besar dengan peralatan gym atau rak yang digunakan para pelatih untuk melatih satu atau beberapa orang saja. 
  • Beberapa ruangan dengan ukuran besar untuk melakukan berbagai aktivitas seperti yoga, kardio, maupun memperkuat tubuh. 
  • Sebuah all-in-one ruangan dengan ukuran besar yang digunakan oleh pelatih berbeda-beda untuk melatih klien mereka. 

Karena tren yang satu ini masih baru dan membutuhkan waktu untuk menyatu, mycr0-gym ke depannya dapat terus berubah. Contohnya ketika mycro-gym berawal dari fasilitas fitness dengan peralatan dasar dan informal, ia akan terus berubah-ubah. 

Contoh-contoh micro-gym

1) FlexWerk

FlexWork merupakan sebuah revolusioner mycro-gym di Indiana. Mereka menawarkan personal trainer dan pelatih firtness profesional lain yang ingin mengembangkan bisnis mereka untuk tujuannya masing-masing. Di FlexWerk, setiap anggota memiliki akses untuk mengatur FlexSpace, sistem reservasi yang mudah, serta jam peminjaman tanpa jangka panjang yang membuatnya menjadi space ideal untuk menjalankan bisnis yang berhasil. 

2) JackedUp Gym 

Gym yang satu ini menawarkan pelatihan secara one-on-one dengan personal training di studio privat. Pelayanannya lebih mengarah kepada gym-goers dan mencari ruangan privat untuk berlatih dengan personal trainer sehingga daoat dijadikan sebagai alternatif untuk mencari gym yang mudah dijangkau. 

Keunggulan Micro-gym

Menjaga privasi: Mycro-gym melakukan latihan dengan skala kecil di tempat pelatihan yang dapat menjaga privasi lebih baik dibandingkan dengan gym pada umumnya. 

Lebih efisien: Ketika gym privat lebih mahal dibandingkan big-box gym untuk gym-goer, banyak sekali pilihan yang lebih terjangkau untuk memulai personal training business mereka. Mycro-gym juga tidak langsung memotong keuntungan dari personal trainer dan lebih mengutamakan space untuk latihan itu sendiri. 

Akses dan keanggotaan yang fleksibel: Biasanya mycro-gym akan lebih bergerak secara month-to-month maupun jadwal yang tidak membutuhkan begitu komitmen serta dapat digunakan ketika sedang dibutuhkan. Hal inilah yang membedakan dengan gym biasa sehingga kamu bisa menggunakannya bahkan hingga 1-2 tahun sekalipun. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading