Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Merasa Tertinggal dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Terkadang setiap orang bisa merasa dirinya kurang pencapaian jika dibandingkan dengan orang-orang lain yang sukses dan tampak memiliki kehidupan lebih baik. Tapi sesungguhnya begitulah kehidupan, kamu menjalani kecepatan dan tempo hidupmu sendiri, begitu pula mereka yang kamu bandingkan. Bisa jadi mereka justru cemburu dengan kehidupan pada sisi-sisi tertentu yang tidak kamu ketahui. Tapi jika kamu sering melakukan beberapa kebiasaan buruk, tentu akan merasa tertinggal dari orang lain. Ini sekian kebiasaan buruk yang membuatmu merasa tertinggal dan kurang pencapaian dibanding orang lain.

1. Menunda-nunda pekerjaan

Terkadang kita merasa malas melakukan sesuatu sehingga lebih memilih menunda-nunda pekerjaan. Saat kemalasan menguasai itulah, kita membuang waktu sia-sia. Pekerjaan yang seharusnya bisa beres dalam waktu cepat menjadi berlarut-larut dan menghabiskan lebih banyak waktu secara tidak efisien. Padahal kita bisa menggunakan waktu itu untuk mengerjakan hal lain. Karena itulah kita akan semakin merasa lambat dalam menjalai hidup dan heran ketika melihat hidup orang lain mengalami perkembangan pesat ketimbang kita yang jalan di tempat.

2. Terlalu sering begadang

Beberapa orang lebih kreatif dan produktif di malam hari, karena itu sering tidur larut malam. Tapi jika alasan begadang hanya untuk nonton TV, main game, atau menelusuri media sosial, kemungkinan besar kamu telah membuang-buang waktu secara percuma. Memangkas waktu tidur di malam hari justru akan membuat otak tidak produktif di siang hari. Penelitian tahun 2014 yang dimuat dalam jurnal Cognitive Therapy and Research menemukan bahwa orang yang tidur larut malam cenderung memiliki pikiran negatif yang mengganggu dan berulang-ulang. Otak juga cenderung kelelahan dan tidak bisa konsentrasi. Kondisi inilah yang berkontribusi pada kurangnya prestasi atau pencapaian hidup.

3. Terlalu sering nonton TV

Tidak banyak orang menyadari bahwa sering nonton TV, streaming film dan menghabiskan waktu scrolling di media sosial adalah hal yang kurang bermanfaat. Tentu kita butuh hiburan setelah seharian bekerja, tapi sesungguhnya hiburan yang kita butuhkan tidak sebanyak itu karena waktu istirahat terbaik saat tubuh dan pikiran lelah adalah tidur cukup di malam hari. Menghabiskan banyak waktu untuk melakukan itu semua sebenarnya sudah banyak memangkas waktu melakukan hal-hal yang berguna dan produktif.

4. Boros menggunakan uang

Tak pernah belajar mengelola atau mengatur keuangan juga menjadi kebiasaan buruk yang sangat merugikan, terutama untuk masa depan. Jika kamu pikir gaji bulan ini hanya perlu dihabiskan bulan ini, kamu salah. Belajarlah bijak menggunakan uang, menyesuaikan dengan gay hidup, kebutuhan dan kesadaran memiliki tabungan. Lebih baik lagi jika mau belajar investasi dan mengalokasikan uang ke hal-hal yang lebih baik dan menjamin kenyamanan masa depan.

5. Tak pernah punya hobi

Orang-orang yang hidup dengan cara bangun tidur, berangkat kerja, pulang ke rumah, nonton TV dan tidur terus dengan rutinitas yang sama cenderung merasa kurang puas dengan hidupnya karena pencapaiannya tidak sebesar dan sebanyak orang lain. Bisa jadi karena siklus hidupnya membosankan, tidak pernah menyisihkan waktu untuk misalnya menekuni hobi, kegiatan yang disukai, atau belajar keterampilan baru. Seringkali orang merasa iri dengan kehidupan orang lain bukan karena mereka kaya raya, tapi karena hidup mereka lebih berwarna dan tidak monoton.

Jadi jika kamu saat ini masih melakukan semua kebiasaan di atas, jangan heran kalau di akhir tahun sering merasa hidupmu kurang pencapaian dan hanya jalan di tempat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading