Sukses

Lifestyle

Melihat Sisi Lain Hong Kong di Malam Hari dengan Temple Street

Fimela.com, Jakarta Sebagai pusat keramaian malam hari yang unik di Hong Kong, Temple Street telah lama dikenal dengan makanan lezat, tempat belanja, dan budaya lokal yang otentik, serta memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk mengalami sisi lain dari Hong Kong.

Hong Kong Tourism Board (HKTB) kini menghadirkan sensasi baru di area tradisional klasik ini dan meluncurkan promosi baru selama enam bulan yang dimulai dari Desember 2023. Selain kedai makanan yang menawarkan cita rasa lokal, spot foto tematik baru juga akan menyemarakkan kawasan ini dengan sentuhan lokal dan menghidupkan suasana untuk menarik minat masyarakat setempat serta para pengunjung untuk menjelajahi satu-satunya jalanan unik ini.

Dr. Pang Yiu-kai, Chairman of HKTB, mengatakan bahwa Temple Street adalah tempat wisata malam hari yang ikonik di kota ini, “Untuk meramaikan ‘Night Vibes Hong Kong’, HKTB bekerja sama dengan para pedagang di Temple Street untuk menghadirkan pengalaman baru di kawasan tersebut. Selain mempromosikan pengalaman di Temple Street yang dilengkapi dengan sentuhan komunitas yang berbudaya, kami juga akan mempromosikan hidangan lokal di daerah tersebut sehingga meningkatkan suasana malam hari yang semarak di Temple Street dengan berbagai dekorasi artistik, mengajak masyarakat setempat dan pengunjung untuk menjelajahi cita rasa paling otentik di Hong Kong."

"Kami sangat menyarankan semua orang untuk mengunjungi Temple Street secara langsung untuk merasakan pengalaman yang unik ini. Bersamaan, kami juga berharap para mitra dagang kami akan mengembangkan produk wisata dengan unsur Temple Street di masa mendatang, sehingga lebih banyak pengunjung yang dapat menikmati pengalaman khas Hong Kong.” Tambahnya. 

Mr Chan Kam Wing, Chairman of the Yau Ma Tei Temple Street Association of Hawkers and Shop Operators mengatakan jika Tmple Street bukan hanya kawasan dengan kemeriahan semata tetapi juga sebagai destinasi yang menciptakan perpaduan tradisi di tengah modernitas. Diharapkan dapat memberikan kebersamaan untuk para pengunjung. 

Promosi kali ini juga telah mengumpulkan toko-toko di Temple Street. Apa saja yang ditawarkan? Berikut informasi lenglapnya. 

Dua Sentuhan Utama yang Memadukan Inovasi ke dalam Cita Rasa Otentik Temple Street

HKTB meningkatkan promosi wisata Temple Street. Berfokus pada keunikan Temple Street, promosi ini menyatukan elemen kuliner dan kesenian untuk menghadirkan momen istimewa dan meningkatkan suasana yang meriah, sehingga memotivasi masyarakat hingga wisatawan untuk mengunjungi kembali lokasi ini sekaligus menarik minat pengunjung yang baru pertama kali datang untuk merasakan pengalaman malam yang hanya ada di sini.

1. Cita rasa Temple Street

22 kedai makanan dan sekitar sepuluh kedai lainnya yang menawarkan kudapan bernuansakan nostalgia terletak di dekat gapura Temple Street di dekat Jordan, menawarkan para pengunjung berbagai kudapan lokal, cita rasa eksotis, dan kudapan nostalgia (lihat lampiran untuk selengkapnya) sebelum memulai perjalanan di kawasan ini.

2. Dekorasi jalanan yang mempesona

HKTB mengundang arsitek lokal, Stanley Siu, untuk merancang serangkaian instalasi seni cahaya, rambu-rambu jalan, dan proyeksi visual bertemakan Hong Kong dan Temple Street untuk memeriahkan jalanan ini, menciptakan kilauan yang mempesona untuk menerangi Temple Street di malam hari. Rangkaian rambu-rambu ditempatkan di sepanjang Jordan Road untuk memandu pengunjung dalam melakukan kunjungan ke Temple Street, sehingga mereka dapat menjelajahi berbagai kejutan yang ada.

 

Tak lupa ornamen seni juga ditawarkan untuk memperindah wisata

1. Instalasi seni bercahaya

Instalasi seni bercahaya bertema Temple Street dipasang di 11 lokasi. Temukan berbagai lampu neon yang menyerupai karakter keberuntungan asal Tionghoa, seperti kelelawar dengan ikon koin yang membawa keberuntungan dan berkah, burung, bakso ikan, wadah teh herbal berbentuk buah pir, dan kepiting pedas, sembari menikmati sisi artistik budaya lokal Temple Street. Elemen-elemen nostalgia khas Hong Kong seperti gerbang kereta api juga dimasukkan ke dalam instalasi dengan desain minimalis modern, memberikan kesan tersendiri pada budaya tradisional Temple Street.

2. Rambu-rambu jalanan yang khas

Elemen artistik ditambahkan ke rambu-rambu jalan yang ada. Misalnya, ikon kartun gapura Temple Street, claypot rice, dan kepiting pedas ditambahkan ke rambu-rambu jalanan untuk memberikan informasi kepada para pengunjung secara menyenangkan, sekaligus menjadikannya sebagai objek foto yang penuh kekhasan Temple Street.

3. Proyeksi seni

Proyeksi seni menghiasi tiap langkah para pengunjung di sepanjang Temple Street, berbagai lentera, burung, dan ikon lainnya menampilkan keunikan suasana Temple Street. Dengan banyaknya pengunjung yang menjadikan Tin Hau Temple sebagai destinasi wisata, terdapat proyeksi yang menampilkan karakter Tionghoa yang merepresentasikan kebahagiaan dengan harapan dapat melimpahkan berkah bagi para pengunjung.

Selain penambahan ornamen seni, jam buka wisata kali ini juga mendapat dukungan dari Tung Wah Group of Hospital. Dengan adanya dukungan dari Tung Wah Group of Hospitals, Tin Hau Temple Complex, Yau Ma Tei yang telah berusia seabad ini, telah dinyatakan sebagai bangunan bersejarah di Hong Kong, memperpanjang jam bukanya setiap hari Sabtu dari pukul 17.00 hingga 22.00 untuk menghadirkan sentuhan budaya pada suasana malam hari di Temple Street.

Terakhir, HKTB akan meningkatkan promosi di situs website dan mempublikasikan video interaktif, serta mengoptimalkan berbagai platform streaming video dan media sosial seperti YouTube, Xiaohongshu, dan WeChat guna memaksimalkan pengaruh strategi publikasi.

Sebagai contoh, blogger Xiaohongshu dan para blogger Hong Kong yang berbasis di Tiongkok diundang untuk menjelajahi Temple Street secara langsung agar dapat merasakan pengalaman nyata, kemudian mereka membagikan pengalaman budaya tradisional, kejutan baru dari kuliner dan seni, serta sentuhan budaya komunitas ini ke berbagai pasar target mulai dari Tiongkok hingga mancanegara untuk mengundang para wisatawan mengunjungi Hong Kong. Tentu saja dengan peningkatan wisatawan, HKTB sangat terbantu untuk memberikan kenyamanan berwisata lagi.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Unlocking the Limitless 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading