Sukses

Lifestyle

Tips Untuk Mencegah Mabuk Perjalanan Saat Bepergian dengan Mobil yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Perjalanan darat dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga atau teman. Namun, hal ini bisa berubah menjadi pengalaman yang buruk jika kamu mudah terkena mabuk perjalanan saat melakukan perjalanan dengan mobil ber-AC.

Mabuk perjalanan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti suhu di dalam mobil yang terlalu dingin atau terlalu panas, makanan yang dikonsumsi, kebersihan mobil, dan kondisi jalan. Penting bagi kamu untuk mencegah mabuk perjalanan dengan mengenali penyebab utama yang membuat kamu rentan mengalaminya.

Agar terhindar dari mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil ber-AC, kamu bisa mengikuti berbagai tipsnya berikut ini.

1. Atur Suhu AC

Sebagai seorang yang sangat sensitif terhadap suhu AC di dalam mobil, sangat penting bagi kita untuk mengatur suhu AC sesuai dengan kenyamanan. Hal ini dapat menjaga tubuh tetap nyaman selama perjalanan dan menghindari gejala yang merugikan seperti flu atau demam akibat pergantian suhu yang drastis. Maka dari itu, sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk mereset temperatur AC mobil di angka 24-26 derajat celcius agar tetap nyaman dan tidak terlalu dingin maupun terlalu panas.

2. Makan Secukupnya

Kalau kamu ingin melakukan perjalanan, penting untuk menjaga pola makan agar tetap sehat dan nyaman selama perjalanan. Salah satu cara untuk itu adalah dengan makan secukupnya sebelum berangkat. Terlalu banyak atau terlalu sedikit makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau rasa lapar yang tidak diinginkan saat dalam perjalanan. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih makanan yang ringan dan bergizi seperti sandwich, oat, smoothies, roti gandum, atau makanan ringan lainnya sehingga energi tetap terjaga tanpa membuat perut terlalu kenyang.

3. Cari Tempat Duduk yang Nyaman

Penting untuk memilih tempat duduk yang nyaman saat perjalanan dengan mobil agar tidak merasakan mabuk atau tidak nyaman selama dalam perjalanan. Posisi tempat duduk juga dapat memengaruhi kenyamanan saat berkendara, sehingga penting untuk memperhatikan hal ini. Sebaiknya, pilih untuk duduk di bagian depan atau di tengah mobil agar bisa merasakan getaran dan gerakan kendaraan dengan lebih stabil, sehingga mengurangi risiko mabuk perjalanan.

4. Jangan Membaca Buku atau Melihat HP

Membaca buku atau menatap layar HP memang merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk menghilangkan kebosanan selama perjalanan. Namun, hal ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Saat fokus visual terlalu intens pada benda yang tidak bergerak (seperti halaman buku atau layar HP), otak kita akan kebingungan karena mendapatkan informasi visual yang bertentangan dengan gerakan tubuh fisik saat kendaraan bergerak. Akibatnya, kita bisa merasakan mual dan pusing.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Saat melakukan perjalanan, penting untuk selalu menyetok air putih yang cukup. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik akan membantu mencegah terjadinya dehidrasi, apalagi jika perjalanan panjang dan cuaca panas. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan lainnya seperti sakit kepala, sembelit, atau bahkan mabuk perjalanan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memiliki botol air minum di dekatmu agar mudah diakses dan diminum saat dibutuhkan.

6. Minum Obat Anti Mabuk

Saat ini, tersedia berbagai macam obat atau permen anti mabuk perjalanan yang sangat mudah didapatkan di apotek atau di minimarket. Obat ini sangat berguna untuk mengatasi masalah mual dan muntah saat bepergian dengan kendaraan seperti mobil, pesawat, atau kapal laut. Salah satu pilihan yang dapat kamu pilih adalah permen anti mabuk dengan rasa jahe atau mint. Kedua jenis permen tersebut terbukti efektif dalam membuat badan lebih hangat dan tenang sehingga membantu mengurangi gejala mual yang seringkali dialami saat dalam perjalanan.

7. Menghirup Aromaterapi

Aromaterapi telah lama dikenal sebagai salah satu cara alami untuk meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Dengan menggunakan berbagai jenis minyak aromaterapi seperti lavender, peppermint, atau chamomile, kamu dapat memberikan pengguna pengalaman yang lebih menyenangkan saat menggunakan layanan mereka. Selain itu, aromaterapi juga terbukti dapat membantu mengurangi rasa mual atau muntah yang sering dialami oleh beberapa orang ketika berada di dalam mobil.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan dapat mengurangi kemungkinan mabuk perjalanan saat naik mobil ber-AC dan menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Jika gejala mabuk perjalanan tetap berlanjut, segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading