Sukses

Lifestyle

Manfaat Mendengarkan Musik saat Bekerja dapat Menambah Kosentrasi dan Motivasi

Fimela.com, Jakarta Mendengarkan musik sambil melakukan pekerjaan yang mengandalkan pikiran dan semangat seperti mengetik atau menghitung ternyata memang terbukti bermanfaat. Namun, perlu kamu ketahui jenis musiknya harus tepat dan cocok bagi jiwamu. Menurut penelitian musik dapat membantumu lebih fokus, berkonsentrasi, rileks, merasa termotivasi, meningkatkan daya ingat, dan membuat prosesnya jauh lebih menyenangkan.

Perlu diketahui jika tidak mendengarkan musik, kamu akan lebih mudah ngantuk dan lambat. Kamu harus memilih musik yang tepat bagi konsentrasi dan pikiranmu. Akan lebih baik jika musik yang kamu pilih untuk menjaga semangat dan konsentrasi adalah musik dengan irama yang syahdu atau instrumen tanpa vokal. Namun, jika mendengarkan musik up beat dapat menjaga semangatmu, itu pilihan opsional. 

Ada beberapa jenis musik tertentu yang membantu kamu dalam melakukan pekerjaan ada pula yang tidak kondusif karena menggunakan suara latar.  Jika kamu merasa senang mendengarkan musik dan menganggap dirimu aneh karena selalu menutup telinga dengan earphone. Beritahu sekelilingmu, ini dia beberapa manfaat dari bekerja sambil mendengarkan musik. 

1. Musik Membantumu Fokus.

Daya tahan dengan fokus adalah kombinasi yang hebat. Jika kamu melakukan suatu pekerjaan dengan tidak fokus dan bosan, maka hal ini akan menghambat hasil dari pekerjaanmu. Jika kamu mendapati diri memikirkan segala hal kecuali pekerjaan, maka rasa fokusmu telah terganggu dan hal ini tentu mengganggu kinerja. Musik adalah obat yang ideal ketika kamu mungkin merasa pikiranmu mudah mengembara saat melakukan aktivitas. Menambahkan suara lembut akan memberikan semacam latar belakang white noise, memungkinkan otak agar lebih fokus pada apa yang kamu lakukan.

2. Musik Membantumu Berkonsentrasi

Musik lembut akan memungkinkan kamu lebih berkonsentrasi pada apa yang kamu lakukan. Hampir mirip dengan fokus dan daya tahan, konsentrasi aktivasi kedua belahan otak secara bersamaan dapat mengintensifkan kemampuan kamu dalam bekerja. Mengaktifkan berbagai area di otakmu akan membantunya tetap bugar. Sel-sel otak diketahui mati karena tidak adanya aktivitas  jadi gunakanlah dan bantu untuk meningkatkan kekuatan otak semudah mendengarkan suara-suara indah. Musik dapat membantu mengurangi kecemasan dan memproses emosi dengan cara yang sehat. Hal ini membuat otakmu bebas berkonsentrasi pada apa yang kamu lakukan, daripada diganggu oleh kekhawatiran dan mencoba memilah-milah perasaan

3. Musik Membantumu Tetap Termotivasi

Salah satu tantangan terbesar dalam beraktivitas sebenarnya adalah berusaha keras untuk melakukannya, lalu terus melakukannya setelah kamu memulainya. Tambahkan beberapa lagu favorit dan itu akan memberikan kehidupan yang penuh semangat. Para peneliti telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat melepaskan dopamin di otak. Ini adalah bahan kimia yang membuat kamu merasa nyaman.

4. Musik Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Otak adalah sebuah otot, jadi semakin banyak kamu menghafal dan melakukan kegiatan maka, semakin baik pula otakmu melakukannya. Hal ini melintasi dari kinerja hingga akademisi. Mendengarkan musik meningkatkan suasana hati dan keadaan emosi positif juga dikaitkan dengan daya ingat yang lebih baik. Jika kamu mendengar melodi saat bekerja, kemungkinan besar kamu akan secara otomatis mulai menyanyikan liriknya di kepala. Dalam hal fungsi memori, ini bagus, karena ini berarti kamu telah menyatukannya pada tempatnya. Tapi itu akan membuat kamu bingung ketika melakukan tugas lain yang membutuhkan konsentrasi.

5. Musik Membantumu Rileks

Musik baik untuk kesehatan mental secara keseluruhan dan membantu relaksasi. Semakin santai dan tenang kamu maka, semakin baik perasaan dan semakin banyak pencapaian yang akan kamu berikan. Stres adalah masalah besar bagi setiap orang produktif dan bersifat kontra-produktif, namun sulit untuk diatasi. Apa pun yang membantu meringankan perasaan ini dan meningkatkan kesejahteraan kemungkinan besar akan meningkatkan perasaan dan membuatmu lebih bahagia dalam menjalani prosesnya. Jadi masuk akal untuk memasukkan musik ke dalam pekerjaanmu. 

Nah itu dia beberapa manfaat dari kamu yang suka mendengarkan musik saat melakukan pekerjaan. Jika kamu dianggap aneh karena selalu mendengarkan musik saat bekerja, ini saatnya untuk kamu memberitakan kepada orang sekitar mengenai manfaat dari mendengarkan musik saat bekerja. 

Penulis: Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading