Sukses

Lifestyle

5 Tips Menyimpan Buku agar Tidak Cepat Usang dan Menguning

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang memiliki hobi membaca, memiliki banyak buku dan membuat perpustakaan pribadi adalah sebuah impian. Tapi terkadang karena terlalu lama disimpan, buku bisa menjadi usang dan cepat menguning. Oleh sebab itu, penting diketahui cara menyimpan buku yang tepat untuk menghindari keusangan buku.

Kertas buku sangat rentan lingkungan sekitarnya. Buku dapat berubah warna menjadi kuning karena mengalami proses pembuatan bahan kimia selulosa yang bersifat asam dan membusuk di bawah paparan sinar UV. Buku perlu disimpan dengan benar agar lebih awet dan menghindari keusangan dini. Oleh karena itu, dilansir dari largebox.com, inilah 5 tips menyimpan bukudengan tepat:

1. Hindari Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Pastikan untuk meletakkan buku di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sinar matahari mengandung UV yang dapat mempercepat proses pembusukan bahan kimia selulosa yang bersifat asam pada kertas. Sahabat Fimela bis amemilih tempat yang teduh untuk menyimpan buku.

2. Pastikan Menyimpan Buku dalam Keadaan Kering

Sebelum menyimpan buku, pastikan buku yang akan disimpan dalam keadaan yang benar-benar kering. Satu buku yang lembab jika diletakkan bersaman dengan buku yang lain, maka akan buku-buku itu akan ikut lembab. Sehingga membuat lebih banyak buku yang usang dan menguning lebih cepat. 

3. Hindari Tempat yang Lembab

Aspek penting dalam menyimpan buku adalah keadaan suhu tempat penyimpanan. Buku harus diletakkan di tempat yang benar-benar kering. Buku tidak akan bertahan lama di tempat yang lembab karena suhu dan kelembaban akan memperngaruhi ketahanan buku dan membuatnya cepat usang.

4. Bersihkan Secara Berkala

Setelah menyimpan buku dengan benar, jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara berkala. Bersihkan buku dan raknya secara teratur dari debu. Sahabat Fimela dapat menggunakan kuas lembut atau kemoceng lembut untuk membersihkan buku. Bersihkan secara menyeluruh, jangan hanya pada tempat yang terlihat saja.

5. Perhatikan Posisi Buku

Posisikan buku dengan tepat, yaitu berdiri secara diagonal. Perlu diperhatikan untuk tidak meletakkan buku terlalu dekat satu sama lain agar sirkulasi udara lancar dan mencegah kelembaban berlebih. Pilih rak yang tepat untuk menaruh buku. Gunakan rak yang kuat dan tahan rayap untuk mencegah keusangan buku.

Kunci buku yang awet, salah satunya adalah memperhatian cara penyimpannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan buku dengan tepat untuk menghindari buku cepat usang dan menguning. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading