Sukses

Entertainment

Kasus Penelantaran Anak, Desy Ratnasari Pertanyakan Sang Menteri

Fimela.com, Jakarta Kasus penelantaran 5 bocah yang dilakukan orang tuanya membuat artis yang kini menjadi anggota komisi 8 DPR RI, Desy Ratnasari bertanya-tanya. Khususnya terhadap peran Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  Yohana Susana Yembise terkait kasus tersebut. Selama ini Desy mengaku belum melihat sepak terjang dari ibu menteri.

Baca juga: Desy Ratnasari Prihatin Masih Ada Orang Tua Telantarkan Anak

"Kalau kami melihat lembaga negara sudah melakukan tugasnya, saya belum lihat ibu Yohana sebagai menteri melakukan aksi nyata melindungi anak-anak Indonesia. Semoga saya bisa melihat apa yang ibu lakukan. Bagaimana aplikasi UU kita terhadap anak-anak kita ini," ucap Desy Ratnasari di acara dalam acara diskusi yang diselenggarakan Divisi Humas Markas Besar Polri, Senin (18/5/2015).

Menurut Dessy, upaya real dari pemerintah sangat dibutuhkan guna menekan angka kekerasan terhadap anak. (Galih W Satria/Bintang.com)

Itu sebabnya Dessy sempat mendatangi kelima bocah yang menjadi korban yang kini ditampung di rumah aman milik negara. Pelantun lagu Tenda Biru itu ingin melihat secara langsung bagaimana kinerja Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di lapangan. "Saya melakukan pengawasan, sejauh mana mereka (KPAI) memberikan konseling kepada lima anak itu hingga anak-anak ini dinyatakan sehat secara mental seperti anak seusianya," ujarnya.

Menurut Dessy, upaya real dari pihak-pihak terkait sangat dibutuhkan guna menekan angka kekerasan terhadap anak. Bukan hanya di kota-kota besar dan pada kasus kali ini saja, melainkan dilakukan secara menyeluruh sampai ke pelosok-pelosok negeri ini. "Yang harus dilakukan upaya yang real, advokasi, memastikan anak-anak yang mengalami kekerasan ini mengakses konseling apa yang harus mereka dapatkan. Itu bisa disediakan di daerah-daerah terpencil," lanjutnya.

Diskusi Penelantaran Anak dihadiri oleh Dessy Ratnasari, Kak Seto, Bapak Heru Pranoto dan Bapak Riza Sarasvita. (Galih W Satria/Bintang.com)

Diketahui, terkuaknya kasus ini setelah Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mendapatkan laporan dan berhasil menangkap orang tua yang mengusir seorang anak dan menelantarkan 4 anak lainnya. Kedua orang tua itu ditangkap di Perumahan kawasan Pondok Gede, Bekasi Jawa Barat.

Demi menanggulangi kasus anak yang kini masih terus ada, Desy Ratnasari menghadiri diskusi bersama mantan Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi alias Kak Seto. Tidak Kak Seto saja yang hadir dalam acara diskusi itu, namun hadir juga Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Heru Pranoto dan Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat Badan Narkotika Nasional Riza Sarasvita.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading