Sukses

Entertainment

8 Film Kepahlawanan Indonesia untuk Mengenang Jasa Pahlawan

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 10 November kita akan memperingati Hari Pahlawan. Peringatan ini dilatarbelakangi peristiwa heroik di Surabaya pada tanggal 10 November 2015. Lewat medium film, sineas juga punya cara khusus untuk mengenang jasa para pahlawan. Berikut Bintang.com rangkumkan 8 film Indonesia bertema kepahlawan.

1. Battle of Surabaya

Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya.

Adegan film Battle of Surabaya. (dok. MSV Pictures)

Yang istimewa, ini adalah film animasi pertama di Indonesia. Produksi film ini digarap serius. Apalagi setelah mendapat dukung dari Walt Disney Pictures. Tak cuma animasi dan cerita, soundtrack film ini juga melibatkan musisi top tanah air. Dalam poster tertulis lima penyanyi yang mengisi film ini yaitu Angela Nazar, Afgan, Ungu, Maudy Ayunda, dan Sherina.

Adegan film Jenderal Soedirman. (dok. Padma Pictures)

2. Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman belum secara resmi rilis di bioskop. Rencananya, film yang dibintangi Adipati Dolken ini akan rilis pada 17 Agustus mendatang. Jenderal Soedirman menjadi salah satu tokoh bangsa yang sangat berperan dalam memperebutkan kemerdekaan RI.

Reza Rahadian dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film ini mengisahkan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto untuk kemerdekaan RI. Film yang rilis pada 9 April 2015 ini menampilkan suasana perjuangan Tjokroaminoto dengan organisasi Serekat Islam yang didirikannya pada tahun 1800-an. Aktor utama pemeran pahlawan asal Yogyakarta ini yaitu Reza Rahadian.

Poster film Soekarno. Foto: via indonesianfilm.com

4. Soekarno

Hanung Bramantyo kembali memproduksi film bertemakan pahlawan. Kali ini giliran tokoh proklamator Soekarno. Film yang rilis pada 11 Desember 2013 ini telah memenangkan ajang ASEAN Intertanional Film Festival and Awards 2015. Sederet artis ternamaan ikut membintangi film seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi dan Sujiwo Tejo.

Poster film Soegija. Foto: via unknown-mboh.blogspot.com

5. Soegija

Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang tokoh pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Namun Garin Nugroho berhasil mengemasnya dalam sebuah film berjudul Soegija yang rilis 7 Juni 2012 lalu. Film ini mengambil latar belakang Perang Kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat pada periode tahun 1940 – 1949.

Poster Sang Pencerah. Foto: Wikipedia

6. Sang Pencerah

Kisah nyata pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan (diperankan Lukman Sardi) terangkum dalam film Sang Pencerah. Film arahan Hanung Bramantyo ini sangat kental dengan nilai toleransi beragama. Atmosfer era 1800-an pun sangat terasa dalam film yang rilis pada 2010 ini.

Film Pengkhianatan G30S/PKI

7. Pengkhianatan G 30 S/PKI

Film Pengkhianatan G 30 S/PKI hadir sebagai bahan pengingat dari bagian sejarah kemerdekaan RI tersebut. Film yang disutradarai oleh Arifin C. Noer ini mengisahkan kejadian jelang dan sesudah kudeta yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Film Pengkhianatan G 30 S/PKI dibuat pada masa Orde Baru. Film yang menelan biaya produksi hingga 800 juta rupiah ini menghadirkan 120 pemain dan 10 ribu figuran. Karena sejarah yang simpangn siur, film ini banyak menuai kritik sebagai film propaganda Orde Baru.

Poster film Tjoet Nja' Dhien. Foto: via arielogis.com

8. Tjoet Nja' Dhien

Tokoh pahlawan wanita asal Aceh, Tjoet Nja' Dhien juga pernah dibuatkan filmnya pada 1988. Diperankan oleh Christine Hakim, film ini sempat ditayangkan pada ajang Festival Film Cannes 1989. Gelar film terbaik FFI 1988 pun berhasil diraih oleh film arahan Eros Djarot ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading