Sukses

News & Entertainment

Donny Fattah: Industri Musik Bukan Urusan Seniman Musik

Bintang.com, Jakarta Pemain bass grup band legendaris, God Bless, Donny Fattah mengaku bangga dengan perkembangan musik Indonesia yang semakin beragam. Donny pun bangga grup bandnya yang sudah berusia 43 tahun dianggap sebagai pembuka jalan band-band yang ada di Industri musik tanah air saat ini.

"Kita (God Bless) udah hampir setengah abad di negeri ini, justru kami bangga dengan adanya musik baru karena berarti kami ibaratnya pembuka jalan, sukses mereka mengikuti walaupun warnanya berbeda, maka kami bangga dengan adanya musik baru karena berarti kaderisasi berjalan," ungkap Donny Fattah di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Kamis (30/6/2016).

God Bless (Andy Masela/Bintang.com)

Donny Fattah juga menilai, perkembangan industri musik Indonesia sekarang ini sudah mengarah pada kemajuan yang positif dari segi variasi musik yang ada. Para penggemar musik dinilainya tidak lagi hanya terpaku dengan karya beberapa band yang dominan, namun dapat terbagi dengan banyaknya variasi genre musik yang saat ini tersaji.

"Sekarang sudah banyak (musik) yang bagus-bagus dan punya warna sendiri-sendiri. Tergantung dari konsumennya, band A dan band B punya konsumen sendiri-sendiri, enggak bisa bandingkan. Dengan adanya itu, berarti hidup musik Indonesia sekarang," paparnya.

God Bless (Andy Masela/Bintang.com)

Mengenai kondisi industri musik yang dikatakan menurun jika dilihat dari sisi penjualan karya musik, Donny Fattah enggan angkat suara. Menurutnya, selama sang musisi masih punya keinginan untuk menghasilkan sebuah karya, pelaku musik Indonesia harusnya masih memiliki pasar tersendiri meski tidak didukung oleh penjualan album yang maksimal.

"Pelaku seni dan pelaku industri beda. Buat kami sebagai musisi enggak perlu ada ketakutan, selama masih bisa berkarya, kami akan jalan terus. Seperti musik yang lagi jatuh atau apa, itu di luar urusan kita sebagai seniman," pungkas sang bassist God Bless Donny Fattah.

Loading