Sukses

News & Entertainment

Al Ghazali dan Artis-artis yang Sempat Diterpa Hoax

Bintang.com, Jakarta Anak sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Al Ghazali, jadi satu nama baru di daftar artis yang diterpa hoax. Bantahan soal kabar overdosis dengan tegas diutarakan Al. Ia bahkan mengaku sangat emosi mendengar rumor tersebut. 

"Saya sih emosi banget. Itu sumber dari mana coba, sudah biasa ya berita hoax. Tapi, ini hoax masalah OD (overdosis), ini nggak main-main. Kalau hoax soal Al selingkuh kek, apa kek, itu nggak masalah. Tapi, ini soal OD, aku nggak bisa terima," ujar Al saat mendampingi Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (13/8/2018).

Dengan tegas, Al mengatakan, dirinya berada di rumah sakit untuk melakukan medical check up. lantaran kondisi kesehatannya yang menurun, bukan karena overdosis. "Kemarin tuh cuma cek kesehatan sama MRI. Memang agak drop, muka aku ada merah-merah, agak takut, kan. Kemarin mau dirawat, tapi nggak jadi," jelas Al.

Hoax yang menimpa Al nyatanya bukan kali pertama terjadi di industri hiburan tanah air. Sebelum lelaki 20 tahun tersebut, beberapa nama lain juga sempat mengalami hal serupa dengan isu yang beragam.

Merunut sedikit ke belakang, nama penyanyi Aura Kasih sempat diterpa isu tak sedap. Untuk kali ke dua, pelantun lagu Mari Bercinta itu dikaitkan dengan sosok perempuan pemeran video mesum yang beredar luas di dunia maya.

Dua kali diterjang isu serupa, dua kali pula perempuan asal Bandung, Jawa Barat, ini membantahnya. "Sudah pasti itu (pemeran video mesum) bukan aku. Kan pakar telematika sudah bilang bukan aku," tegas Aura sekitar bulan Juni lalu.

Kabar hoax yang tidak kalah mengagetkan juga pernah dialami Jessica Iskandar. Jedar, begitu ia akrab disapa, sempat disebut hamil saat pergi ke Amerika Serikat sekitar bulan April lalu. Selain kepergian yang terkesan mendadak, saat hamil El Barack Alexander lalu, Jedar juga sempat mengungsi ke Negeri Paman Sam.

Anggapan Jedar hamil pun semakin kencang saat ibu satu anak itu menyebut bakal lumayan lama menetap di Amerika Serikat. Namun, alih-alih menetap lama, beberapa pekan setelah keberangkatan, Jedar kembali ke Indonesia.

Selain urusan keluarga yang sudah selesai, alasan lain yang membuat Jedar cepat kembali ke Indonesia adalah guna mengklarifikasi kabar tidak sedap itu. Dengan tegas perempuan 30 tahun tersebut mengucap, kabar dirinya hamil adalah tak benar.

Dalam kasus yang berbeda, namun masih terkait hoax, Nikita Mirzani pun sempat merasakannya. Pada 2017 lalu, Niki dituduh melecehkan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo lewat cuitan terkait film G30S/PKI yang sempat diputar dalam rangka peringatan hari terbunuhnya tujuh jenderal besar di tahun 1965.

Tweet berbunyi 'Film G 30S PKI tidak seru, seharusnya Panglima Gatot yang dimasukkan ke dalam lubang buaya pasti lebih seru' yang diduga berasal dari akun milik perempuan 32 tahun itu membuat Niki dilaporkan oleh beberapa pihak.

Berbeda dengan kasus Al Ghazali, Niki sempat diadukan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk dicekal dari seluruh program di televisi oleh seorang pengusaha bernama Sam Aliano. Imbasnya, dalam beberapa bulan Niki harus kehilangan banyak pekerjaan, baik on-air maupun off-air.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Nama Setelah Diterpa Hoax

Sama-sama pernah diterpa kabar hoax, Al Ghazali, Aura Kasih, Jessica Iskandar, dan Nikita Mirzani nyatanya memiliki cara yang berbeda untuk 'membersihkan' citra mereka. Tak lama setelah namanya dicatut terkait dugaan pelecehan terhadap Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Nikita Mirzani lantas bersikap reaktif dengan melaporkan beberapa pihak.

Tertanggal 9 Oktober 2017, Niki melalui kuasa hukumnya, Muannas AlAidid, resmi membuat laporan terhadap beberapa aliansi dan sejumlah akun media sosial dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Perjuangan perempuan 32 tahun itu melawan hoax yang menerpanya mulai menemui titik terang baru-baru ini. Satu pihak yang juga dilaporkan, yaitu Sam Aliano, sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik. Hal yang secara otomatis menguatkan posisi Niki sebagai korban.

"Alhamdulillah, akhirnya bapak polisi bekerja dengan baik. Menunggu sekian lama akhirnya Sam Aliano ditetapkan sebagai tersangka. Niki sudah bilang itu bukan tweet Niki," ucap Nikita Mirzani saat memberikan keterangan pers di bilangan Jakarta Selatan, Selasa (14/8/2018).

Keberhasilan Niki memberi 'shock therapy' untuk penyebar hoax juga sepertinya akan diikuti Al Ghazali. Al, bersama sang ayah, Ahmad Dhani, juga tim kuasa hukumnya mengaku tengah mempertimbangkan sambil mengumpulkan bukti-bukti untuk membawa penyebar kabar dirinya mengalami overdosis ke pihak berwajib.

Lain dengan Niki dan Al, hal berbeda justru dilakukan dua artis cantik, Jessica Iskandar dan Aura Kasih. Tak ingin dipusingkan, keduanya cukup membuat klarifikasi di depan awak media terkait hoax yang menimpa mereka.

3 dari 3 halaman

Nasib Setelah Diterpa Hoax

Meski terbilang menyakitkan, hoax yang menimpa nyatanya tak membuat karier mereka meredup. Aura Kasih sudah membuktikan jika dua kali diterpa isu video mesum tak bisa menghentikan dirinya berkarya.

Selain menggeluti dunia tarik suara, belakangan Aura juga sukses membuktikan diri lewat kualitas aktingnya dengan bermain di beberapa judul film. Hoax juga sepertinya tak berpengaruh bagi perjalanan karier Jessica Iskandar dan Nikita Mirzani.

Kehadiran dua nama tersebut sampai saat ini masih bisa dinikmati lewat program televisi masing-masing yang syuting setiap hari. Namun, memang, ada nominal yang dilibatkan setelah hoax tersebut menyeruak, lantaran beberapa pembatalan kontrak.

Yang masih harus dibuktikan adalah nasib Al Ghazali setelah diterpa isu overdosis. Seperti yang diketahui, selain tengah meretas karier sebagai disc jockey (DJ), Al juga belakangan menunjukkan kualitas aktingnya dengan bermain di dilm layar lebar. Di samping itu, wajah tampan Al makin tampak familiar setelah dirinya didaulat menjadi brand ambassador beberapa produk.

Artikel Selanjutnya
Menghitung Perkiraan Kerugian Al Ghazali karena Isu Overdosis
Artikel Selanjutnya
Bantahan Keras Al Ghazali Perihal Kabar Overdosis