Sukses

News & Entertainment

Comeback setelah 14 Tahun, Simak 5 Fakta tentang Fin.K.L

Fimela.com, Jakarta Girl group K-Pop legendaris, Fin.K.L muncul kembali ke kancah hiburan Korea Selatan. Mereka secara mengejutkan merilis comeback single berjudul Like the Song that Remains pada Senin (23/9) dini hari.

Momen langka tersebut membawa euforia tersendiri bagi penggemar K-Pop, terutama yang mengikuti perkembangannya sejak awal. Fin.K.L sendiri merupakan girl group generasi pertama yang sempat meraih sukses.

Kembalinya Fin.K.L sendiri diawali dari program bernama Camping Club yang melibatkan para membernya. Setelah 14 tahun lamanya vakum, sebuah music video menandai kembalinya grup senior ini.

Buat kamu yang bertanya-tanya dan belum mengenal Fin.K.L, berikut sejumlah fakta menarik tentang mereka. 

Momen Debut

Pernah membayangkan grup K-Pop generasi pertama? Mungkin salah satu referensinya bisa kalian ketahui dari Fin.K.L.

Sekadar informasi, grup yang satu ini memulai debutnya pada 1998 di bawah agensi DSP Media. Blue Rain menjadi single sekaligus judul album perdana Fin.K.L yang jadi kemudian menjadi hits yang abadi di kalangan fans K-Pop.

Di Balik Nama

Fin.K.L di bahasa Korea dilafalkan sebagai Pigkeul. Nama tersebut merupakan singkatan dari Fin Killing Liberty. Nama tersebut diambil berdasarkan polling yang melibatkan para penggemar sebelum grup itu sendiri debut. Di tahun 2003, mereka 'mendefinisi ulang' nama mereka sebagai Fine Killing Liberty sebelum hiatus.

Member Populer

Fin.K.L terdiri atas 4 member, dimulai dari Ock Joo-hyun yang terpilih dari kontes menyanyi. Ia pun mengajak Lee Jin dan Sung Yuri bergabung. Tapi yang paling banyak dikenal bahkan hingga sekarang adalah Lee Hyori.

Sukses berkarier solo, Lee Hyori senang bisa kembali reuni dengan rekan segrupnya. Dari Hyori juga mungkin fans K-Pop generasi sekarang bisa mengenal nama-nama senior yang mengawali reputasi artis K-Pop.

Rivalitas

Sejak dulu rivalitas di industri K-Pop berjalan sengit. Sama halnya dengan yang dialami Fin.K.L yang saat itu punya rival yang kerap head to head untuk urusan karya dan popularitas.

Di masa jaya, Fin.K.L bertarung sengit dengan S.E.S, girl group yang debut di bawah naungan SM Entertainment. Namun sepanjang kariernya, Fin.K.L menunjukkan diri mereka mampu bersaing dengan sejumlah Daesang yang berhasil mereka raih.

Reuni Berkesan

Kembali setelah 14 tahun tentu jadi momen yang berkesan sekaligus haru bagi para personel Fin.K.L. Tak terkecuali bagi para fans yang saat ini mungkin sudah berusia lebih dewasa, nostalgia tentu dirasa.

Banyak yang memberi support untuk kembalinya sang legenda. Salah satunya Yoona SNSD yang menunjukkan cinta dengan foto yang ia unggah di Instagram (23/9).

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Keluarnya Para Member f(x) dari SM Entertainment
Artikel Selanjutnya
Dari Jepang hingga Amerika, Big Hit Cari Talenta untuk Girlband Baru