Sukses

News & Entertainment

3 Fakta Kolaborasi Rhoma Irama dan Via Vallen, Ikon Dangdut Dua Generasi

Fimela.com, Jakarta Legenda musik dangdut Indonesia, Rhoma Irama keluar dengan project terbarunya. Pentolan dari Soneta Grup itu menjalin kolaborasi dengan pedangdut yang akrab di kalangan millennials, Via Vallen.

Mereka melantunkan lagu Cuma Kamu, salah satu lagu legendaris yang dinyanyikan sang Raja Dangdut bersama Rita Sugiarto. Kolaborasi dua generasi ini jadi sesuatu yang menarik, lantaran keduanya punya pendekatan musik yang berbeda.

Rhoma Irama dikenal dengan genre dangdut klasiknya yang timeless dari dulu hingga kini. Sementara Via Vallen lebih menjangkau pendengarnya lewat lagu dangdut modern. Bahkan beberapa lagunya juga terdengar punya unsur pop yang kuat.

Berikut beberapa hal menarik tentang kolaborasi dua ikon dangdut beda generasi, Rhoma Irama dan Via Vallen.

Alasan Raja Dangdut Pilih Via

Rhoma Irama melihat sesuatu yang spesial dalam karakter Via Vallen. Karena itulah ia mencoba melakukan gebrakan baru dengan menggaet pelantun lagu Sayang tersebut.

"Via seorang newcomer di blantika musik dangdut tapi punya suara yang khas, terutama vibrasinya. Di samping itu ia juga mewakili generasi milenial. Jadi buat saya ini juga satu kenyamanan dalam berkarya karena di usia saya sekarang, masih bisa berkarya dan bernyanyi dengan anak muda jadi sesuatu yang luar biasa buat saya," kata Rhoma Irama saat konferensi pers secara virtual, Jumat (11/9/2020).

Kebanggaan Via Vallen

Kolaborasi Rhoma Irama dan Via Vallen membawakan lagu Cuma Kamu sendiri sebenarnya sudah mulai digarap sebelum masa pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Kala itu, Via Vallen masih ingat betul bagaimana bangganya ketika diberi tahu namanya diminta langsung oleh Rhoma Irama menjadi rekan duet di lagu tersebut.

"Yang pasti waktu ditawarin, saya kayak, 'masa sih? Ini duet di atas panggung atau rekaman?', ternyata rekaman dan beneran, rilis lagu bareng sama raja dangdut itu suatu kebanggaan buat saya," tutur Via Vallen di kesempatan yang sama.

 

Penyesuaian Karakter

Dan, tak ingin mengulangi sesuatu yang sama dari duetnya bersama Rita Sugiarto dulu, Rhoma Irama pun mengubah beberapa alunan musik di lagu Cuma Kamu. Menurutnya, apa yang ada di lagu Cuma Kamu New Version merupakan hasil dari penyesuaian karakter suara Via Vallen yang dianggap unik.

"(Musiknya) Saya mencoba menyesuaikan dengan katakter Via. Aransemen berusaha biar tune in dengan Via dan alhamdulillah sentuhannya pas. Aransemennya memang saya buat sesuai dengan karakter Via," pungkas Rhoma Irama.

Simak juga video menarik berikut ini:

;
Loading