Sukses

News & Entertainment

Perjalanan Karier dan Deretan Karya Elvy Sukaesih

Fimela.com, Jakarta Sebelum menuai kesuksesan seperti saat ini, ternyata penyanyi lengendaris, Elvy Sukaesih harus menempuh jalan panjang yang berliku. Bahkan perjalanan karier Elvy Sukaesih di dunia musik tidak selalu mulus.

Elvy Sukaesih merupakan anak dari pasangan Muhammad Ali dan Rohayah Asisah, ia sudah mulai bernyanyi saat masih duduk di kelas 3 sekolah dasar. Bakatnya di dunia musik mulai terlihat ketika ia mengikuti sang ayah yang berprofesi sebagai pemuk dalam acara pernikahan di Jawa Barat.

Ketika usianya masih 14 tahun, Elvy Sukaesih menikah dengan pria keturunan Arab bernama Zaidun Zeth. Dari pernikahan tersebut, pasangan ini dikaruniai 6 orang anak yaitu Haedar, Fitria, Ali Zaenal Abidin, Syechsans, Wirdha Sylvina, dan Dhawiya Zaida.

Bergabung dengan Orkes Melayu

Karier Elvy Sukaesih di dunia tarik suara mulai menarik perhatian publik ketika ia bergabung dengan beberapa Orkes Melayu seperti Orkes Melayu Purnama dan Orkes melayu Pancaran. Tak hanya itu, kariernya semakin meroket ketika menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama dama Orkes Melayu Soneta pada 1970-an.

Akan keberadaan Elvy Sukaesih di Orkes Melayu Soneta di berlangsung lama, pasalnya ia memutuskan untuk solo karier. Selain Rhoma Irama, Elvy Sukaesih juga pernah berduet dengan Ahmad Albar.

Akting

Tak hanya terjun di dunia tarik suara, Elvy Sukaesih juga melebarkan sayapnya ke dunia akting pada 1977. Setidaknya sudah ada empat film yang dibintangi oleh Elvy Sukaesih, yaitu Asoy, Penasaran, Jajal Kojak Palsu, Tiada Seindah Cintamu.

Sejak itu, karier bermusik dan akting Elvy Sukaesih berjalan berdampingan. Ia tetap aktif berkarya dalam musik dengan merilis album dan single, akan tetapi ia juga tetap aktif di dunia akting sampai tahun 1986.

Setidaknya sudah lebih dari 1500 lagu yang tersebar di berbagai album milik Elvy Sukaesih. Sedangkan dalam dunia akting, ada beberapa film yang pernah dibintanginya seperti Kisa Cinta Rojali dan Zuleha, Cubit-Cubitan, Senggol-Senggolan, Mandi Madu, dan Gaya Merayu.

Penghargaan

Kerja keras Elvy Sukaesih di dunia musik Indonesia tak sia-sia. Ia mendapat berbagai penghargaan seperti AMI Award untuk Artis Solo Wanita Dangdut Terbaik pada 2005. Ia juga pernah mendapatkan penghargaan Golden Achievement Award Spirit Cultural Aseam Communintas dari Kesultanan Djohor dan Kelantan pada 2015. dan Lifetime Achievement Award oleh SCTV Music Award pada 2016.

Saksikan Video Menarik Berikut

;
Loading