Sukses

News & Entertainment

Sukses di Banyak Negara, Film The Science of Fictions Hadir di Bioskop Indonesia

Fimela.com, Jakarta Gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2020 menghadirkan kejutan ketika film The Science of Fictions mengantarkan nama Gunawan Maryanto sebagai peraih piala Citra kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Di Indonesia sendiri, film tersebut mengulik rasa penasaran karena belum ditayangkan secara massive. Akhirnya, film karya Yosep Anggi Noen itu pun mengumumkan jadwal tayangnya.

Secara resmi, masyarakat sudah bisa menyaksikan The Science of Fictions mulai 10 Desember 2020. Sebelum tayang di Indonesia, film tersebut nyatanya sudah wara-wiri di berbagai festival film di berbagai negara.

"Senang sekali (akhirnya tayang di Indonesia). Yang jelas karena perjalanannya panjang. Ada rasa bangga, lega, harapan yang besar sekali karena perfilman Indonesia," kata Yosep Anggi Noen saat konferensi pers The Science of Fictions secara virtual, Jumat (11/12/2020).

Cerita

Dari segi cerita, The Science of Fictions memang menyuguhkan alur yang berbeda dari film Indonesia kebanyakan. Kisahnya di mulai pada tahun 1960-an di Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta, dimana Siman (Gunawan Maryanto) melihat proses syuting pendaratan manusia di bulan oleh kru asing. Dia tertangkap penjaga dan dipotong lidahnya. Selama puluhan tahun, Siman bergerak pelan menirukan gerakan astronot di luar angkasa untuk membuktikan kebenaran pengalamannya. Siman pun dianggap gila.

Ada anggapan jika film The Science of Fictions merupakan 'sindiran' dari cerita versi Amerika Serikat soal Neil Amstrong yang sukses mendarat di bulan.

"Saya tidak akan masuk ke konspirasi itu (manusia mendarat di bulan). saya sedang bercerita tentang bulan, tapi apa yang terjadi di bumi. Ini bukan jawaban, juga bukan solusi dari konspirasi itu. Tapi saya rasa ini dari bagian mempertanyakan apa itu kebenarannya," terang Yosep Anggi Noen.

 

Raih Banyak Prestasi

Film The Science of Fictions sendiri sedianya sudah mulai berproduksi sejak 2018 lalu. Film itu melaksanakan premier dunia di Locarno Film Festival 2019 (Swiss). Di sana, film ini diberi Special Mention, 72 Locarno Film Festival, Concorso Internazionale, 2019.

Selain Locarno Film Festival, film The Science of Fictions juga diajak berkeliling ke-15 festival film internasional. Di samping Gunawan Maryanto yang sukses menyabet piala Citra, nama-nama lain yang ikut terlibat di dalamnya antara lain Ecky Lamoh, Yudi Ahmad Tajudin, Lukman Sardi, Rusini, Asmara Abigail, Alex Suhendra, dan Marissa Anita.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

;
Loading