Sukses

News & Entertainment

Cara Darius Sinathrya Cegah Anak dari Konsumsi Rokok

Fimela.com, Jakarta Memberikan pendidikan kepada anak tentu bukan hanya tugas seorang ibu. Namun, seorang ayah pun memiliki kewajiban yang sama untuk menanamkan nilai-nilai terbaik. Demikian pula dengan yang dilakukan oleh Darius Sinathrya.

Sebagai ayah, Darius ternyata memiliki waktu tersendiri untuk membangun kebersamaan sekaligus memberikan pengajaran kepada anak-anaknya. Terutama bagi anak-anak laki-laki yang sudah beranjak remaja.

"Setiap pagi, gw selalu sempatkan ngobrol santai sama anak-anak terutama the boys, Lio dan Diego, tentang pertandingan, teman-teman, dan kegiatan lain mereka," ujar Darius Sinathrya di laman Instagramnya, darius_sinathrya, baru-baru ini.

Miliki Tujuan

Membangun rutinitas untuk berkomuikasi dengan anak, bukan tanpa tujuan. Menurut Darius, dengan banyak berkomunikasi dengan anak, maka mereka akan terbiasa terbuka dalam setiap hal yang dlakoninya.

"Rutinitas ini gw lakukan karena gw ingin selalu update tentang apa yang terjadi dan dialami dalam kehidupan mereka. Sekarang, banyak pergaulan remaja yang kurang baik, merokok salah satunya menjadi kekhawatiran gw," tuturnya.

Darius menambahkan jika dirinya berusaha menyiapkan obrolan yang santai. "Karena gw pernah ada di posisi mereka, gw selalu siapkan obrolan yang pelan-pelan bisa jadi edukasi untuk mereka," sambungnya.

Sampaikan dengan Benar

Darius mencoba mengajak para orangtua yang kebanyakan bersikap pasif terutama masalah pencegahan terhadap rokok. Karena membangun komunikasi yang baik dan tersambung kepada anak tak semudah membalik kedua telapak tangan.

"Para orangtua, coba hitung, berapa banyak nasihat. Anda yang diterapkan anak, versus nasihat Anda yang diabaikan? Anda pasti sadar kan, tidak semudah itu buat anak mendengarkan kita, apalagi sudah memasuki ranah pribadi mereka dan sensitif seperti mencoba-coba merokok," ujarnya.

"Tapi gw mau tekankan untuk para orangtua, penting untuk mengkomunikasikan harapan kita supaya anak menjauhi rokok. Melalui website www.cegahperokokanak.id, gw dapat banyak informasi tentang cara komunikasi dengan anak yang baik tentang rokok, dan gw terapkan!" imbuhnya.

Jangan Diam

Suami Donna Agnesia ini menegaskan bahwa untuk melakukan pencegahan kepada anak supaya tidak merokok, maka orangtua jangan hanya diam. Harus ada bekal dan pengajaran yang baik untuk anak dalam masalah perokok anak.

"Gw percaya banyak orangtua yang memiliki concern yang sama. Jangan hanya diam, dukung pencegahan rokok pada anak dengan isi survey di website sambil baca-baca ilmu didalamnya untuk dijadikan bekal buat kita para orangtua!" tandasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Loading