Sukses

Parenting

Pertanyaan Umum Seputar ASI dan Menyusui

Jika Anda sedang menyusui atau berencana untuk menyusui, tentu banyak hal yang ingin Anda ketahui seputar ASI dan kegiatan menyusui. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar ASI dan menyusui, dilansir oleh pnmag.com.

Apakah menyusui itu menyakitkan?
menyusui pada awalnya dapat membuat Anda tidak nyaman (umumnya karena nyeri atau pembengkakan pada puting), menyusui seharusnya tidak menyakitkan. Jika Anda telah menyusui selama beberapa minggu dan masih merasakan sakit, mungkin perlekatan bayi dengan anda kurang tepat. Konsultan menyusui dapat membantu Anda agar menyusui Anda bebas dari stres dan rasa sakit.

Kapan ASI Saya keluar?
ASI umumnya keluar di hari ke 3 - 5 setelah melahirkan. Selama itu tubuh Anda memproduksi kolostrum, cairan kental berwarna kekuningan dan mengandung karbohidrat, protein dan antibodi, sempurna untuk asupan pertama bayi Anda.

Bagaimana Saya tahu bayi Saya mendapat cukup makanan?
Jika bayi Anda terlihat puas setelah menyusui, minum ASI di jadwal yang teratur, dan mengalami peningkatan berat badan, Anda dapat beranggapan dia telah cukup mendapat makanan. Jika tanda-tanda tersebut belum muncul pada bayi, berkonsultasilah dengan dokter anak Anda.

Bagaimana merawat puting yang nyeri?
Pertama-tama, cobalah posisi menyusui berbeda yang mengurangi tekanan pada bagian yang nyeri. Mengoleskan sedikit ASI pada puting Anda setiap selesai menyusui dapat membantu menyembuhkannya. Anda juga dapat mencoba beberapa krim untuk puting ibu menyusui yang dijual bebas.

Dapatkah Saya menyusui anak kembar?
Tentu saja. Walaupun menyusui dua bayi memiliki lebih banyak tantangan daripada menyusui satu bayi, dan banyak ibu dari bayi kembar menambahkan susu formula, sangat mungkin dan lebih baik bagi bayi Anda untuk menyusui keduanya, bahkan dalam waktu yang bersamaan. Menyusui dengan cara ini disebut tendem feeding. (Angelina Jolie did it!)

Berapa lama menyusui diperlukan agar bermanfaat?
Menyusui paling tidak dilakukan selama 1 tahun, namun beberapa studi menyebutkan menyusui lebih lama lebih baik. Menyusui dapat dilakukan sampai 2 tahun.

Bisakah Saya menyusui setelah kembali bekerja?
tentu saja! Anda dapat memompa asi Anda, dan mengikuti cara-cara menyimpan ASI yang baik. Jadwalkan pemberian ASI bayi selama Anda terpisah darinya. Pada saat Anda bersama bayi, lakukan aktifitas menyusui seperti biasa.

Dapatkah Saya mengonsumsi kopi atau minuman beralkohol selama menyusui?
Apapun yang Anda konsumsi selama menyusui akan dikonsumsi bayi Anda juga, karena itu keduanya harus dibatasi. Lebih aman bagi Anda dan bayi untuk mengonsumsi kopi tanpa kafein dan minuman tanpa alkohol.

Apakah ada pantangan selama menyusui, seperti melakukan pembersihan gigi?
Sebenarnya tidak ada pantangan khusus selama Anda menyusui. Menyusui juga tidak bisa menjadi alasan Anda untuk tidak ke dokter gigi. Anda hanya perlu untuk mengurangi makanan ber-gas seperti pizza, kubis, brokoli, dan kacang-kacangan yang dapat menyebabkan bayi Anda kembung. Jika Anda tidak yakin, berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan di sekitar Anda.

Apakah Saya dapat hamil selama menyusui?
Menyusui dapat menghambat siklus Anda, namun tidak dapat mencegah kehamilan sepenuhnya. Sangat mungkin untuk beberapa ibu untuk hamil selama menyusui. Jadi, jika Anda belum siap untuk menambah keturunan, berkonsultasilah dengan dokter untuk pilihan penunda kehamilan yang sesuai.

Apakah saya dapat memberikan susu formula sebagai tambahan?
Pemberian susu formula bukanlah jalan terbaik untuk bayi Anda. Pemberian susu formula dapat mengurangi produksi ASI Anda. Selama tidak terdapat masalah dalam menyusui, ASI eksklusif adalah pilihan terbaik.

 

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading