Sukses

Parenting

Dapatkah Stres Mengakibatkan Keguguran?

Keguguran adalah salah satu situasi yang paling sulit yang pernah dapat terjadi pada wanita hamil . Ada banyak faktor yang menyebabkan keguguran. Sudah banyak studi yang dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keguguran.

Salah satu yang dicurigai adalah stress yang dirasakan oleh wanita hamil. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa memiliki stres tingkat ringan atau sedang memang normal dialami selama masa kehamilan. Namun, pada bulan-bulan awal kehamilan, jika ibu merasa stres berlebihan bisa jadi hal ini dapat mengakibatkan keguguran .

Hal ini memang masih jarang terjadi pada ibu hamil. Stres juga belum bisa menjadi alasan utama seseorang ibu mengalami keguguran. Namun stres pada ibu hamil juga harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa metode untuk menyingkirkan stres yang berlebihan selama awal kehamilan untuk menghindari keguguran.

Bicarakan dengan pasangan Anda
Cobalah untuk menjaga hubungan yang baik dengan pasangan Anda. Biasakan untuk membicarakan kecemasan dan ketakutan yang Anda rasakan dengan pasangan Anda. Hal ini akan membantu Anda merasa tenang karena Anda punya teman untuk berbagi.
Pasangan Anda adalah partner paling tepat untuk diajak berbagi tentang perubahan emosi yang Anda rasakan saat hamil. Untuk itu, jangan ragu untuk berbagi dengan pasangan Anda.

Istirahat
Saat hamil, mungkin Anda akan merasakan tekanan yang lebih. Hormon Anda akan berubah begitu juga dengan emosi Anda. Anda pasti akan merasakan stres, untuk itu ambillah waktu istirahat.

Ambil cuti dari pekerjaan Anda dan gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal yang bisa membuat Anda merasa nyaman. Anda bisa duduk santai di rumah dan membaca buku atau menonton film favorit Anda saat cuti.

Jaga Hubungan Baik Dengan Pasangan
Masalah pernikahan atau masalah keluarga berkontribusi banyak untuk menimbulkan stres dan ketegangan pada wanita hamil. Untuk itu sangat penting menjaga hubungan keluarga yang baik. Jika Anda mempunyai hubungan yang baik, suasana hati Anda akan ikut menjadi baik. Stress-pun akan menjauh dari Anda.

Cukup Tidur
Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa kurang waktu tidur juga bisa menyebabkan stres yang berlebihan pada Anda. Untuk itu, usahakan selalu memperhatikan waktu tidur Anda. Untuk mencegah stres yang bisa membahayakan kehamilan Anda, Anda harus tidur dengan waktu yang cukup.
Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan hormon tubuh Anda, sehingga menstabilkan kesehatan emosional dan suasana hati.

Hubungi Dokter Kandungan
Jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan kandungan Anda ke dokter kandungan. Dari sini Anda akan tahu keadaan janin dan juga kesehatan Anda. Namun jika Anda merasakan stres yang tinggi dan tidak normal Anda bisa menghubungi konselor untuk membicarakan hal ini. Ini akan membantu menjaga kesehatan emosional Anda, sehingga menghindari keguguran akibat stres selama awal kehamilan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran akibat stres yang dirasakan saat awal kehamilan. Jaga asupan makanan dan tidur Anda agar kesehatan Anda dan janin Anda selalu terjaga.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading