Sukses

Parenting

Cara Ajari Anak Meminta Maaf

Saat membuat kesalahan sudah sewajarnya untuk meminta maaf. Sikap terpuji ini harus diajarkan kepada buah hati sejak dini. Namun Anda tidak boleh memaksakan dalam mengajari si kecil bagaimana meminta maaf. Anda harus bersabar dan ikuti beberapa tips di bawah ini untuk membuat mereka cepat mengerti dan mengaplikasikan sikap yang terpuji ini. Berikut langkahnya seperti yang telah dilansir oleh boldsky.com.

  • Anak-anak cenderung mengaca dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka. Saat Anda melakukan kesalahan meminta maaflah. Setelah itu berikan penjelasan pada anak-anak bahwa setelah melakukan kesalahan harus segera meminta maaf.
  • Mengajarkan untuk meminta maaf sedari dini akan semakin bagus. Semakin lama mereka akan semakin mengerti contoh-contoh yang Anda berikan kepada mereka.
  • Jangan memaksakan perasaan kepada anak Anda. Biarkan mereka mempelajarinya seiring dengan berjalannya waktu. Ini hanya akan membuat mereka melakukan permintaan maaf palsu yang akan bisa menjadi kebiasaan nantinya.
  • Cobalah untuk tidak menggurui mereka tentang perbuatan salah mereka. Alih-alih ajaklah mereka berbicara baik-baik dan dengan lembut tanyakan bagaimanakah perasaan mereka setelah melakukan hal tersebut dan tanyakan pula bagaimanakah perasaan mereka jika mereka disakiti oleh orang lain. Mereka pasti akan belajar dan mengerti tentang meminta maaf ini dengan lebih cepat.
  • Jangan pernah menghukum anak Anda. Mereka akan merasa takut jika Anda memberikan hukuman. Akan lebih baik untuk memberikan pengertian dengan lemah lembut.


Selamat mencoba Ladies. Happy parenting. 

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading