Sukses

Parenting

Agar Si Kecil Tidur Nyenyak di Malam Hari, Coba Tips Ini!

Si kecil yang rewel di malam hari tentu membuat masalah tersendiri ya? Sebab, jika si kecil susah tidur, otomatis kita pun akan terjaga sepanjang malam tanpa bisa menikmati waktu istirahat. Akibatnya, aktivitas harian pun akan terganggu.

Dilansir dalam laman www.justmommies.com, sebuah survey menunjukkan bahwa keinginan paling besar dari orang tua baru adalah untuk mendapatkan jam tidur lebih. Sebab, kurangnya jam tidur mengakibatkan mereka menjadi frustasi, mudah marah, tidak fokus dalam pekerjaan, serta menjadi renggang dengan pasangan.

BACA JUGA: Cara Mengurus Bayi Baru Lahir Beserta Panduannya

Nah, jika Anda memiliki masalah yang sama karena anak Anda membuat Anda terjaga sepanjang malam, cobalah cara-cara berikut agar si kecil tidur nyenyak nanti malam.

 

Disiplin Jam Tidur

Jika Anda ingin bayi Anda tidur dengan lelap setiap malam, usahakan untuk disiplin dengan jam tidur yang telah Anda tetapkan untuk si kecil. Bawalah dia tidur dengan jadwal yang sama setiap malam, sehingga tubuhnya akan menjadi terbiasa dengan jam biologis yang Anda atur untuknya.

Ajarkan "Self-comforting"

Jika bayi Anda menangis di tengah tidurnya, biarkan dia menangis sampai ia berhasil menenangkan diri dan kembali tertidur. Kebanyakan ibu akan merasa panik ketika si kecil mulai menangis di tengah tidurnya dan buru-buru menenangkannya. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan ini sesekali. Tapi, jika Anda selalu melakukannya, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk bagi anak-anak, karena mereka tidak akan belajar self-comforting yang mereka butuhkan.

Rutinitas Siang yang Sehat

Apapun yang anak-anak lakukan di siang hari, pasti akan mempengaruhi jam tidurnya di malam hari. Oleh sebab itu, jika Anda ingin anak Anda tidur dengan nyenyak di malam hari, biasakan mereka untuk melakukan rutinitas siang yang sehat.

Perdengarkan Bunyi-bunyian

Memperdengarkan kombinasi bunyi-bunyian yang tepat bagi si kecil akan membantunya tertidur lebih cepat. Jika anak Anda tak kunjung merasa ngantuk di malam hari, perdengarkan lagu-lagu pengantar tidur bagi mereka.

Ciptakan "Bedtime Schedule"

Membiasakan anak melakukan rutinitas waktu tidur seperti membaca buku sebelum tidur akan membuat anak tertidur lebih cepat. So, jika anak merasa kesulitan untuk tidur di malam hari, ajaklah ia untuk membaca cerita sebelum tidur. Selain membuatnya lebih cepat ngantuk, kebiasaan ini juga membuat anak lebih suka membaca.

Nah, itulah solusi yang bisa Anda coba jika anak Anda susah tidur. Semoga artikel ini bisa membatu si kecil tidur nyenyak malam ini ya, Bunda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading