Sukses

Parenting

Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin E, Vitamin Yang Penting Selama Masa Kehamilan

Vitamin adalah salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil yang berfungsi untuk menunjang kesehatan kehamilannya. Selain itu, vitamin juga memiliki peran penting untuk menjaga metabolisme Anda dan menjaga perkembangan janin di dalam kandungan Anda. Oleh karenanya, kebutuhan Vitamin bagi ibu hamil harus selalu tercukupi selama masa kehamilan Anda.

Dari begitu banyak jenis vitamin yang ada, seperti disebutkan dalam laman www.justmommies.com, 3 di antaranya yang sangat penting bagi kehamilan adalah vitamin B6, C, dan E.

    Manfaat Vitamin B6 Bagi Kehamilan

    Pada trimester pertama kehamilan, Anda biasanya akan mengalami morning sickness atau mual tanpa atau disertai muntah. Nah, untuk mengatasi morning sickness ini, mengonsumsi vitamin B6 menjadi salah satu solusi yang disarankan.

    Anjuran konsumsi untuk vitamin B6 pada ibu hamil untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil yaitu 10 mg perhari. Untuk memastikan perlu tidaknya Anda mengonsumsi tambahan vitamin B6, ada baiknya jika Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dulu untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

    Manfaat Vitamin C Bagi Kehamilan

    Vitamin C memiliki antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun serta meningkatkan penyerapan zat besi. Konsumsi zat besi akan optimal dibarengi dengan konsumsi vitamin C. Kekurangan vitamin C menyebabkan anemia pada kehamilan, mudah lelah, gusi berdarah, dan bibir pecah-pecah.

    Mengonsumsi vitamin C pada masa kehamilan aman dilakukan setiap hari baik dalam bentuk vitamin C alami (melalui buah-buahan dan sayuran ) maupun suplemen Vitamin C tambahan.

    Anjuran Vitamin C bagi ibu hamil adalah 85 mg (untuk wanita 18 tahun ke bawah) atau 90 mg (bagi mereka berusia 19 tahun ke atas). Karena vitamin C ditemukan dalam berbagai macam makanan yang umum dikonsumsi, kebanyakan orang tidak memiliki kesulitan mendapatkan cukup vitamin C.

    Manfaat Vitamin E Bagi Kehamilan

    Vitamin E untuk ibu hamilĀ  berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati.

    Vitamin E merupakan antioksidan alami yang bermanfaat untuk membuang radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, mencegah berbagai macam penyakit, serta mengurangi kelelahan.

    Vitamin E dapat Anda peroleh dari beberapa sumber vitamin E, seperti: susu, mentega, sayuran hijau, selada, kacang-kacangan, telur, dan buah-buahan.

    Selain itu, vitamin E untuk ibu hamil juga banyak tersedia dalam bentuk kapsul dan pil. Jika Anda akan mengonsumsi tambahan vitamin E selama masa kehamilan Anda, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui perlu tidaknya tambahan vitamin E tersebut.

Nah, itulah manfaat penting dari vitamin B6, C, dan E. Karena pentingnya vitamin ini bagi kehamilan Anda, pastikan untuk tidak lupa mengonsumsinya secara rutin ya. Tapi, pastikan Anda mendapatkan persetujuan dari dokter sebelum memutuskan untuk mengasupnya. Sebab, dosis yang tepat diperlukan agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal bagi tubuh Anda serta janin dalam kandungan Anda. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading