Sukses

Parenting

Ingin Anak Tumbuh Cerdas? Lakukan Ini Untuknya

Faktor lingkungan sangat berperan besar pada tumbuh kembang anak. Bahkan kegiatan sehari-hari yang dilakukan anak juga bisa mempengaruhi IQ-nya. Dan kita sebagai orang tua perlu ikut turun tangan jika ingin membantu anak tumbuh jadi anak yang cerdas.

Ada tips-tips dan cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu anak tumbuh cerdas. Mulai dari cara kita berkomunikasi hingga memberi stimulus atau mendorong anak melakukan sesuatu. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

Mendampingi Anak Membaca Buku
Jangan hanya membacakan buku cerita pada anak tapi bacalah buku bersama anak. Tunjuk kata dan huruf, lalu bersama-sama membaca atau mengartikannya. Dengan begitu, kemampuan anak membaca bisa meningkat dan minat membacanya bisa lebih besar lagi.

Izinkan Anak Berpikir dan Mencari Solusi dengan Caranya Sendiri
Anak-anak memang gampang stres atau langsung tertekan dan menyerah saat menghadapi sebuah masalah. Kita sebagai orang tua mungkin akan merasa kasihan pada anak dan langsung membantunya menyelesaikan masalah. Namun, seperti yang dikutip oleh familyshare.com, mengizinkan anak berpikir dan berusaha mencari solusi dengan caranya sendiri bisa meningkatkan kemampuan kognitifnya. Kita bisa membimbingnya dan mendampinginya tapi juga memberinya kebebasan untuk belajar mencari jalan keluarnya sendiri.

Kita juga bisa menstimulus anak dengan menanyakan berbagai macam pertanyaan padanya. Sebagai contoh, bila ingin menguji daya ingat anak, coba tanyakan sejumlah hal yang berkaitan dengan buku yang baru dibaca. Dari pertanyaan mudah bisa dikembangkan jadi pertanyaan kompleks yang membutuhkan jawaban lebih dari sekadar "ya" dan "tidak".


Lakukan Kegiatan Bermain Sambil Belajar
Di akhir pekan ini, bisa coba ajak anak jalan-jalan ke kebun binatang atau museum. Pilih kegiatan yang bisa membantu anak mendapatkan wawasan dari pengalaman atau kegiatan bermainnya. Belajar dengan cara  yang menyenangkan akan membuat anak lebih mudah menyerap hal-hal baru di sekitarnya.

Semangati Anak Belajar Musik
Menurut American Psychological Association, pelajaran musik sangat baik untuk IQ anak dan kemampuan akademiknya. Coba ajak anak mengikuti kelas musik atau les musik. Tapi tak perlu terlalu memaksakannya. Bila anak mau belajar musik itu bagus. Tapi kalau dia lebih memilih bidang atau hobi lain, kita cuma perlu mengarahkannya.

Sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk membantu anak bisa tumbuh cerdas. Tinggal bagaimana kita memilih dan memilah cara terbaik yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak. Setiap anak itu istimewa, tugas kita lah sebagai orang tua untuk membantunya menemukan arahan yang tepat.

Semoga info di atas bermanfaat untuk Moms sekalian.




(vem/nda)
What's On Fimela
Loading