Sukses

Parenting

Konstipasi: Masalah Umum selama Masa Kehamilan

Biasanya, masalah yang dialami wanita hamil berbeda-beda antara yang satu dan lainnya. Akan tetapi, sebagian besar wanita hamil sepertinya pernah atau tengah mengalami masalah yang bernama konstipasi atau sembelit.

Berdasarkan www.womenshealth.gov, banyak wanita hamil yang mengeluh karena menderita konstipasi. Masalah ini ditandai dengan keluarnya feaces yang kering. Proses pengeluaran feaces yang sulit dan lebih jarang dalam hal frequensi juga merupakan tanda-tanda konstipasi. Masalah konstipasi dapat muncul pada wanita hamil disebabkan oleh naiknya jumlah hormon yang dihasilkan oleh tubuh. Jumlah hormon yang berlebih itu kemudian melambatkan pencernaan dan membuat otot pada usus relax yang pada akhirnya membuat banyak wanita hamil mengalami konstipasi. Ditambah lagi, tekanan pada usus yang disebabkan oleh melarnya rahim juga merupkan salah satu penyebab terjadinya konstipasi.

Jika Anda tengah hamil dan mengalami konstipasi, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi 8 hingga 10 gelas air putih dalam sehari. Pastikan untuk menyingkirkan cafein dari menu makanan Anda. Selain itu, jangan lupa memasukkan makanan yang kaya serat ke dalam menu sehari-hari Anda. Makanan kaya serat dapat berupa buah-buahan yang masih segar atau bahkan yang sudah dikeringkan, sayura-sayuran mentah, dan cereal yang berasal dari buliran utuh. Jika memungkinkan, cobalah berolahraga ringan yang sekiranya tidak membayakan kandungan Anda.

Sudah saatnya bagi Anda untuk menghubungi dokter Anda jika konstipasi yang Anda derita terus berlanjut.

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading