Sukses

Parenting

Hati-hati Overdosis Paracetamol Pada Anak

Apakah Anda sering memberikan paracetamolpada anak Anda ketika ia demam atau merasakan nyeri? Berikut adalah penjelasan tentang penyebab dari overdosis paracetamol seperti dilansir oleh mayoclinic.com untuk membantu Anda berhati-hati.

Anda tergesa-gesa

Mendapati anak demam pasti akan membuat Anda panik. Namun akan lebih baik apabila Anda berhati-hati karena dosis paracetamol yang terlalu banyak diberikan pada anak akan membahayakannya.

Anda menggabungkan dengan obat lain

Apabila anak mengalami flu, jangan memberikan paracetamol bersama-sama dengan obat flu. American Food and Drug Administration (FDA) atau badan obat dan makanan Amerika melarang pemberian obat flu dan batuk pada anak-anak yang berumur kurang dari 2 tahun.

Anda menggunakan formula yang salah

Anda mungkin menyebabkan overdosis paracetamol karena salah memberikan dosis untuk orang dewasa kepada anak Anda. Perbedaan dosis ini terjadi bahkan antara bayi dan balita. Apabila Anda memberikan dosis untuk balita pada bayi Anda hal ini tentu akan membahayakan.

Anda berasumsi bahwa lebih banyak adalah lebih baik

Apabila Anda tidak puas dengan dosis yang diberikan oleh dokter atau yang tertera pada kemasan obat, jangan sekalipun menambah dosis obat. Hal ini akan membahayakan keselamatan anak Anda. Apabila demam anak tidak berangsur pulih, akan lebih untuk segera hubungi dokter.

Anak salah mengira kalau sirup untuk obat demamnya adalah jus

Pastikan Anda melaksanakan peringatan “Jauhkan dari jangkauan anak-anak” pada kemasan sirup obat demam anak. Apabila Anda teledor, anak akan meminum sirup demam yang mereka kira adalah jus.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading