Sukses

Parenting

Kapankah Bayiku Akan Mulai Duduk?

Halo Ibu yang tengah berbahagia dengan momongannya. Perkembangan seperti apakah yang sudah dilalui oleh bayi Anda? Apakah mereka sudah mampu berkedip? Sudahkah mereka memberikan senyum pertamanya kepada Anda? Atau, malah beberapa di antara Anda tengah menunggu momen di mana bayi Anda mulai berusaha untuk duduk.

Situs babycentre.co.uk menuliskan bahwa sebagian besar bayi mulai untuk belajar duduk ketika mereka berada di usia antara 4-7 bulan. Dalam masa itu, mereka mencoba berbagai cara untuk berusaha duduk. Ketika Anda mengamati usaha mereka, Anda pun mungkin akan merasa bahwa mereka sangat menggemaskan. Setelah melalui berbagai ‘cara dan usaha’, bayi Anda akan mampu duduk dengan sendirinya dan dapat mempertahankan keseimbangannya ketika mereka berusia 9 bulan.

Duduk merupakan tahap perkembangan pembuka gerbang tahap berjalan karena duduk biasanya terjadi setelah bayi Anda mampu tengkurap. Setelah bayi Anda mampu duduk, mereka akan belajar untuk merangkak.

Agar mampu duduk dengan sendirinya, bayi Anda perlu mengembangkan kekuatan kepala dan otot leher mereka. Otot-otot tersebut akan berkembang secara perlahan semenjak dia dilahirkan. Anda kemungkinan akan melihat bayi Anda memperkuat otot-otot tersebut dengan cara mengangkat kepala mereka ketika mereka tengkurap.

Seperti halnya kemampuan yang baru bayi Anda miliki, duduk memerlukan latihan, pada awalnya, bayi Anda akan menumpu pada tangan mereka guna menemukan keseimbangan. Oleh karenanya, sebaiknya Anda meletakkan bantal yang cukup di sekitar mereka untuk berjaga-jaga ketika mereka terjatuh.

Seiring dengan menguatnya otot-otot mereka, meraka akan mampu duduk tanpa menggunakan tangan mereka sebagai penyangga dan dia pun mampu menikmati sekitarnya dari sudut pandang yang baru.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading