Sukses

Parenting

Bicara Seks dengan Anak

Tahukah ladies bahwa pendidikan seks sejatinya bertujuan untuk memberikan pembelajaran dini kepada remaja tentang masalah seksual? Diingatkan laman mayoclinic.com, pendidikan seks sebenarnya penting bagi mereka.

Namun susahnya, mereka sedang berada pada usia dimana mereka sulit diajak duduk dan diskusi bersama. Atau terkadang, justru pihak orang tua yang sulit mengajak anak mereka berdiskusi karena masalah seks masih dianggap tabu untuk didiskusikan, padahal pendidikan seks harusnya menjadi tanggung jawab orang tua.

Waktu (moment) merupakan hal yang sangat penting dalam penyampaian. Ladies bisa mencari momen di saat buah hati sedang menonton acara musik yang sedikit menyinggung masalah seksual sehingga bisa kita sisipkan. Atau pada waktu berbelanja bersama. Dan ingat setiap hari pasti ada moment yang tepat untuk menyampaikannya.

Terkadang akan ada perasaan tidak nyaman untuk menyampaikan pendidikan seks, tapi ladies harus jujur ketika berbicara masalah ini dan juga harus to the point. Contohnya beri pengetahuan tentang segala resiko misalnya apabila hamil di luar nikah dan resikonya. Kita semua tahu bahwa berbicara dengan anak remaja itu gampang – gampang susah.

Berbicaralah sesuai sudut pandang anak dan jangan terkesan menggurui, jangan sampai si buah hati merasa tertekan. Sisipkan juga sudut pandang agama atau kepercayaan ladies agar anak tahu resiko setiap tindakannya.

Ajarkan pada anak bahwa berbicara masalah seksual dengan anda adalah hal yang wajar agar ketika anak memiliki masalah, mereka bisa bertanya langsung kepada anda.

Oleh: Teylita A

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading