Sukses

Parenting

Lakukan Hal Berikut untuk Membantu Perkembangan Balita

Moms, selamat karena Anda telah mampu mengasuh balita Anda hingga Anda bisa mengetahui perkembangan balita Anda yang semakin lama semakin menggemaskan. Mulai dari perkembangan sosial, fisik, bahasa, dan emosinya sudah nampak dengan jelas.

Tapi Moms, ada hal lain yang perlu diingat. Sebagai orang tua, tidak sepatutnya Anda hanya membiarkan ia tumbuh dan berkembang dengan kemampuannya sendiri (nature). Ia butuh untuk dibimbing (nurture).

Seperti yang dilansir dalam laman cyh.com, ada banyak hal yang bisa dilakukan Anda sebagai orang tuanya untuk membantunya berkembang secara aktif dan positif, seperti berikut.

Mulai ajari mereka untuk melakukan kegiatan fisik, seperti berlatih sepeda, berenang dan bermain bola. Namun Moms, tidak perlu memaksanya untuk cepat bisa, biarkan ia berlatih semampunya.

Beri mereka kesempatan untuk melakukan banyak hal sendiri. Mulai dari merapikan mainan, mengancing baju, buang air sendiri, makan sendiri, hingga membantu mengasuh adiknya (jika ia sudah punya adik).

Dengan perkembangan sosialnya, latih mereka terus untuk bersikap kooperatif dan mau diajak bekerja sama. Beri ia peran penting dalam sebuah permainan agar melatih rasa tanggung jawabnya.

Jangan lupa latih keterampilannya. Anda bisa menyediakan alat gambar dan mewarnai, serta Anda bisa mengenalkannya pada musik. Siapa tahu ada di antaranya yang merupakan bakatnya.

Latih imajinasinya dengan membacakan dongeng sebelum tidur. Meski ia akan meminta untuk dibacakan cerita yang sama dan Anda bosan, jangan mengeluh. Itu termasuk pada perkembangannya, loh Moms.

Selamat mencoba, Moms!

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading