Sukses

Parenting

Nih Bun, Cara Menyembuhkan Konstipasi agar Kesehatan Balita Pulih

Tanda-tanda utama balita mengalami konstipasi adalah dia tidak lancar buang air besar, entah itu balita membutuhkan usaha yang keras untuk buang air besar atau balita tidak rutin buang air besar setiap hari. Agar kesehatan balita pulih, Bunda perlu melakukan hal-hal berikut.

Seperti dilansir dari mayoclinic.com, apabila bayi yang masih di bawah 6 bulan mengalami konstipasi, konsultasikan dengan dokter bagaimana cara penyembuhan yang terbaik. Apabila umur bayi yang mengalami konstipasi di atas 6 bulan, lakukan hal-hal berikut:

- Berikan air minum yang banyak
Apabila biasanya balita hanya minum air putih saat makan, Bunda perlu menambahkannya, misalnya satu gelas kecil setiap 2 jam. Coba tambahkan atau kurangkan volume air yang Bunda berikan, tergantung dari respon si kecil.

- Berikan jus buah
Apabila tambahan air minum tidak cukup untuk membantu kelancaran buang air besar si kecil, coba Bunda buatkan jus buah. Bisa jus apel atau jus pir. Berikan jus buah sebelum makan atau sesudah makan.

- Berikan makanan padat yang sehat
Langkah yang ini khusus apabila balita sudah mulai mengonsumsi makanan padat. Berikan dia irisan buah apel atau pir agar membantu melancarkan buang air besarnya. Kalau balita mengonsumsi cereal, berikan dia cereal yang berbahan gandum.

Coba praktikkan ya Bun, tapi segera hubungi dokter jika si balita tidak kunjung sembuh.


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading