Sukses

Parenting

Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi Demam Melalui Rectum atau Anus

Pada artikel terdahulu, Bunda telah menyimak informasi tentang penyebab bayi demam. Tentunya, Bunda lebih tahu dan tidak khawatir lagi jika si kecil demam karena hal tersebut merupakan bentuk perlawanan tubuhnya terhadap infeksi.

Terkecuali, jika suhu tubuh si kecil mencapai 37°C melalui pengukuran pada ketiak, sang buah hati baru bisa dikatakan sedang demam. Akan tetapi, mengukur suhu badan si kecil, terutama yang masih bayi, tetap tidak boleh sembarangan agar hasil pengukuran yang didapat akurat.

Menurut laman aboutkidshealth.ca, ada dua cara yang bisa digunakan mengukur suhu tubuh anak yang masih bayi. Pertama melalui anus dan kedua pada ketiak.

Jika Bunda melakukan pengukuran suhu pada rectum atau anus, yang harus dilakukan pertama adalah membaringkan bayi dan mengangkat kedua kakinya hingga ke atas perut. Jangan lupa, celupkan termometer terlebih dahulu pada cairan pelicin seperti jelly. Baru masukkan termometer hingga kedalaman sekitar 2,5 cm atau 1 inci.

Tunggu beberapa saat hingga termometer memberikan hasil pengukuran yang ditandai dengan suara ‘beeb’. Sebaiknya, Bunda mencatat hasil pengukuran tersebut supaya tidak lupa. Sebagai referensi, suhu tubuh normal si kecil, bila diukur melalui pengukuran pada anus, berkisar 36,6°C sampai 38°C.

Pengukuran suhu tubuh pada anus ini harus menggunakan termometer khusus yang bisa Bunda beli dengan mudah di banyak apotek terdekat. Cara pengukuran ini biasanya akan jauh lebih mudah bila dilakukan oleh dua orang.

Selamat mencoba dan semoga si kecil tetap sehat ya Bunda.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

 

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading