Sukses

Parenting

5 Cara Bijak Mengajak Anak Mencintai dan Menjaga Bumi

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan berjalannya waktu, bumi semakin menua. Kini, bumi pun sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia mengalami banyak perubahan serta kerusakan. Pemanasan global dan banyaknya bencana alam menunjukkan bahwa bumi sangat perlu dicintai dan dijaga lagi sebaik mungkin.

Di Hari Bumi ini mari kita bersama-sama untuk lebih mencintai dan menjaga bumi. Sebagai orangtua, kita juga penting mengajak anak-anak untuk mencintai dan menjaga bumi sejak usianya sedini mungkin. Bagaimana cara mengajak anak untuk lebih mencintai bumi? Berikut caranya.

2 dari 4 halaman

Kenalkan Anak pada Kondisi Bumi

Kenalkan Anak pada Kondisi Bumi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperkenalkan kondisi bumi ke anak. Ajak anak melihat alam sekitar. Kenalkan anak pada apa-apa yang membuatnya belajar lebih dalam pada kondisi bumi. Dengan mengenalkan langsung kondisi bumi ke anak, tanggung jawab dan keinginan anak untuk lebih mencintai serta menjaga bumi pun akan semakin besar.

Ajak Anak Mendaur Ulang Sampah

Salah satu cara termudah mencintai dan menjaga bumi adalah mengurangi sampah. Agar sampah di sekitart berkurang, pastikan untuk mendaur ulang sampah tersebut mejadi benda-benda yang lebih menarik, unik serta bermanfaat. Ajaklah anak untuk mendaur ulang sampah ini dan mintalah mereka untuk mengurangi sampah. Pastikan juga untuk mengajak anak selalu membuang sampah pada tempatnya.

Ajari Anak Buat Hemat Energi

Cara mencintai dan menjaga bumi selanjutnya adalah dengan menghemat energi. Ajaklah anak buat menghemat energi seperti energi listrik, mengurangi penggunaan gadget, mengurangi aktivitas menonton TV atau menyalakan benda-benda elektronik lainnya. Ketika kita dan anak menghemat energi yang ada, kita akan mendapati bumi yang lebih terjaga serta terlindungi.

3 dari 4 halaman

Ajak Anak Berkebun atau Menghijaukan Lingkungan

Bersepeda dan Jalan Kaki

Usahakan untuk mengajak anak lebih banyak bersepeda dan jalan kaki. Dua aktivitas ini akan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang bisa menyebabkan polusi di mana polusi tersebut bisa mencermari bahkan merusak bumi.

Ajak Anak Berkebun atau Menghijaukan Lingkungan

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi, mencintai dan menjaga bumi adalah dengan menjaga alam sekitar agar tetap asri, sejuk dan nyaman. Ajaklah anak untuk mencintai dan menjaga bumi dengan mengajaknya berkebun, sadar lingkungan dan menghijaukan lingkungan. Ajaklah anak untuk menanam bunga serta pohon yang memproduksi oksigen cukup setiap harinya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencintai dan menjaga bumi agar tetap terlindungi bersama anak. Selamat memeringati Hari Bumi, yuk sama-sama menjaga bumi ini agar tetap terlindungi. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Anak Tak Kecanduan Gadget, Begini Cara Bijak Mencegahnya
Artikel Selanjutnya
Tampilan Google Doodle dalam Memperingati Hari Bumi