Sukses

Parenting

Alasan Anak Sebaiknya Tidak Konsumsi Jus Buah Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Jus buah menjadi salah satu minuman dengan cita rasa lezat dan menyegarkan. Rasa manis pada jus buah bahkan sangat disukai oleh anak-anak.

Namun perlu kita tahu Mom, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika anak-anak sangat tidak dianjurkan konsumsi jus buah berlebihan. Meski jus buah digadang-gadang sebagai asupan nutrisi sehat, jus buah menyimpan berbagai efek buruk pada kesehatan anak terlebih untuk jus buah dengan tambahan gula.

The American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan jika kebutuhan nutrisi setiap anak berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ketika minum jus buah, kebutuhan nutrisi anak dari jus buah tersebut juga berbeda-beda.

Dampak Konsumsi Jus Buah bagi Anak

Penelitian yang dilakukan para ahli di University of Texas di Austin menemukan jika jus buah yang ditambahkan gula di dalamnya bisa merusak kesehatan gigi anak. Jus buah ini juga bisa meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Melansir dari laman WebMD, Steven Abrams, seorang dokter anak di Austin mengatakan, "Jus buah mengandung serat dan vitamin yang dikhawatirkan bisa merusak gigi. Apalagi jika jus buah tersebut ditambahkan gula atau pemanis buatan di dalamnya."

Peneliti lain yakni Gary LeRoy, dari Dayton mengatakan, “Jika ingin memberikan jus buah ke anak, pastikan bahwa itu 100 persen jus buah. Tidak ada tambahan gula atau pemanis buatan lainnya.”

Para peneliti mengungkapkan jika bukan jus buah yang buruk untuk anak-anak melainkan tambahan di dalamnya. Tambahan seperti gula, susu, pemanis buatan dan cokelat adalah hal yang bisa membuat jus buah tak lagi sehat. Selain jus buah dengan pemanis buatan, anak-anak juga sangat tidak dianjurkan mengonsumsi teh, kopi serta minuman bersoda berlebihan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Mie Instan Berlebih Bisa Mengganggu Tumbuh Kembang Anak
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: 4 Minum Sehat untuk Anak Cegah Penyakit di Musim Hujan