Sukses

Parenting

Tips Membuat MPASI untuk Si Kecil

Fimela.com, Jakarta MPASI merupakan makanan pendaping ASI yang diberikan kepada bayi setelah umur 6 bulan. MPASI membantu menambah nutrisi untuk si kecil selain ia mengonsumsi ASI eksklusif. Namun tetap perhatikan jenis makanan yang dapat digunakan untuk membuat MPASI.

Tidak semua jenis buah dan sayur dapat digunakan untuk membuat MPASI ya Mom. Perhatikan pula nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan tersebut. Nah, berikut ini ada tips yang dapat Mom terapkan untuk membuat MPASI yang baik untuk si kecil.

Memilih Bahan

Pilih bahan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh si kecil. Perhatikan pula jenis buah dan sayur yang dapat dijadikan MPASI. Jangan berikan sayuran mentah dan memiliki tekstur keras kepada si kecil.

Cuci Semua Bahan

Jika Mom sudah menentukan buah dan sayur untuk membuat MPASI, baiknya cuci terlebih dahulu ya Mom menggunakan air bersih yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan pestisida dan kotoran lain yang menempel pada buah dan sayur.

Perhatikan Cara Mengolahnya

Untuk sayuran yang memiliki tekstur keras seperti brokoli, wortel, buncis, kentang, dan lainnya, baiknya untuk di kukus terlebih dahulu sebelum menghaluskannya. Ini bertujuan, agar vitamin pada sayuran tidak hilang dan matang sempurna. Haluskan sayuran yang sudah di kukus menggunakan blender, jangan lupa untuk memberikan sedikit air supaya lebih encer.

Hindari Makanan Kemasan

Hindari makanan kemasan yang mengandung tambahan gula dan garam yang berlebih. Serta memberikan makanan yang mendung seafood, karena untuk mencegah timbulnya alergi pada bayi.

Jika Mom hendak memberikan MPASI kepada bayi ada baiknya untuk memperhatikan jenis-jenis makanan yang dapat dijadikan MPASI. Terlebih jika anak masih usia di bawah 1 tahun yang baru mengenal MPASI. Selamat mencoba Mom, dan semoga sehat selalu ya!

#GrowFearless With FIMELA

;
Loading