Sukses

Parenting

Tips Melatih Balita Tidur Sepanjang Malam dan Tidak Rewel

Fimela.com, Jakarta Membuat anak tidur sepanjang malam adalah tantangan umum di antara orang tua. Sebagai bayi yang baru lahir, bayi perlu bangun setiap beberapa jam untuk menyusu karena perut si kecil tidak cukup untuk membuatnya merasa kenyang sepanjang malam. Namun, saat anak mulai tumbuh mereka membutuhkan sedikit waktu untuk menyusu di malam hari. Ini biasanya biasanya terjadi ketika orang tua mengharapkan anak mereka mulai tidur sepanjang malam, tetapi hal-hal itu tidak dapat berlalu seperti yang diharapkan, membuat orang tua benar-benar kelelahan dan mencari solusi.

Percaya atau tidak, tidur sebenarnya adalah keterampilan yang dapat dipelajari. Anak perlu belajar bagaimana dan kapan harus tidur sepanjang malam. Berikut ini adalah beberapa tips untuk melatih anak agar tertidur sepanjang malam.

Tetapkan Rutinitas Sebelum Tidur

Tidak pernah terlalu dini untuk mendapatkan rutinitas sebelum tidur. Rutinitas sebelum tidur dibuat dengan sederhana dan berkelanjutan, sehingga mudah dilakuka setiap malam. Bahkan perubahan terkecil dalam rutinitas anak dapat membuat mereka merasa tidak enak dan tiba-tiba terbangun lebih sering di malam hari. Termasuk kegiatan menenangkan yang disukai oleh anak. Rutinitas sebelum tidur menjadi tempat Mom menciptakan komunikasi dengan si kecil.

Ajari Anaka untuk Menenangkan Diri 

Ketika anak bangun di tengah malam dan menangis  Mom akan segera memeriksanya. Letakkan  tangan Mom di dada mereka selama beberapa saat untuk menenangkan mereka, lalu tinggalkan ruangan itu. Meletakkan tangan di dada dan sampingnya membuat anak merasa seperti Mom masih ada di disebelahnya. Ini dapat membantu meredakan kecemasan mereka serta membuat bayi belajar menenangkan dirinya.

Mulai Menyapih Menyusu Malam Hari

Setelah mendapatkan izin dadri dokter untuk menghentikan pemberikan makam malam, Mom berus perlahan-lahan mulai menguranginya. Perlahan jauhkan mereka dari menyusu saat malam hari, memberi mereka susu lebih sedikit dan tidak lebih sering selama beberapa hari atau beberapa minggu akan melatih kebiasaan itu kepada si kecil.

Tetapkan Jadwal Tidur Si Kecil

Pastikan bayi mendapatkan jumlah tidur siang yang tepat untuk mempersiapkan mereka untuk mendapatkan jumlah tidur yang tepat. Sebagai bayi yang baru lahir, bayi tidak dapat membedakan antara siang dan malam, mereka hanya tidur sepanjang waktu. Seiring bertambahanya usiamereka mulai tidur lebih lama. Jika mereka tidur terlalu lama saat siang hari, mereka tidak akan tidur di malam hari. Sebaiknya latih anak untuk melakukan tidur di siang hari lebih singkat daripada malam hari.

Jaga Suasana Kamar yang Menangkan

Jaga ruangan pada suhu yang nyaman, pastikan tetap gelap dan hindari kamar si kecil dari suara-suara lain yang terjadi di sekitar rumah. Cobalah untu mematikan lampu 1 jam sebelum mereka tertidur. Ini dapat menurunkan suhu yang ada di kamar.

Berikut tadi beberapa cara untuk membuat si kecil tidur sepanjang malam dengan tenang dan melatih kebiasaan baik untuk tidur di malam hari sejak dini menjadi hal yang penting untuk diajarkan kepada mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Pertimbangan sebelum Menyewa Jasa Fotografer Persalinan
Artikel Selanjutnya
4 Tips Merencanakan Babymoon yang Nyaman