Sukses

Parenting

4 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Anak Selain ASI

Fimela.com, Jakarta ASI adalah satu-satunya makanan yang dibutuhkan si kecil hingga usia minimal 4 bulan dan sebagian besar bayi mengonsumsi ASI selama 6 bulan atau lebih. Tetapi banyak situasi di mana ASI tampaknya memerlukan penambahan jenis nutrisi tambahan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan anak saat mereka menyusu.

Air

ASI mengandung lebih dari 90% air. Bayi yang menyusu dengan baim mungkin tidak membutuhkan air tambahan. Bahkan di musim panas atau saat cuaca panas. Jika mereka tidak menyusu dengan baik, mereka juga tidak dapat memenuhi konsumsi air dari dalam tubuhnya. Oleh karena itu, penting untuk seorang Mom banyak mengonsumsi air dan tetap menyusui si kecil lebih sering.

Vitamin D

Tampaknya ASI tidak mengandung banyak vitamin D. Tetapi sebagian besar bayi mendapatkan vitamin D selama kehamilan dan tetap sehat meskipun tanpa mendapatkan suplemen vitamin D kecuali jika Mom sendiri kekurangan vitamin D selama kehamilan. Kekurangan vitamin D pada perempuan hamil sangatlah jarang terjadi. Paparan sinar matahari dari dari luar ruangan juga dapat memberi bayi vitamin D yang baik untuk perkembangannya. Paparan sinar matahari selama satu jam setiap hari dalam seminggu akan memberi bayi vitamin D lebih dari cukup walaupun hanya wajah mereka yang terpapar.

Zat Besi

Kekurangan zat besi adalah hal paling umum terjadi di dunia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah neurologis dan perkembangan. Sangat direkomendasikan bahwa semua bayi yang berusia 4 bulan ke atas perlu menerima suplementasi zat besi.

Makanan Padat

Bayi yang disusui biasanya tidak membutuhkan makanan padat hingga mereka berusia 6 bulan. Ada beberapa bayi yang akan mengalami kesulitan besar belajar menerima makanan padat jika tidak dimulai sebelum usia 7-9 bulan. Secara umum direkomendasikan bahwa makanan padat diperkenalkan sekitar usia 6 bulan. Beberapa bayi menunjukkan minat besar untuk mengambil makanan dari piring setelah 5 bulan.

Berikut tadi beberapa nutrisi yang diperlukan si kecil ketika mereka masih menyusu. Beberapa nutrisi di atas memang sangatlah penting untuk si kecil, bila perlu Mom dapat konsultasikan ini kepada dokter untuk mendapatkan saran yang lebih baik.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading