Sukses

Parenting

Menyusui Selama Pandemi, Ini Panduan yang harus Diikuti Ibu agar Bayi Tetap Sehat

Fimela.com, Jakarta Ibu menyusui bukan hanya dituntut menjaga kesehatannya sendiri namun juga menjaga kesehatan bayinya. Bagaimana pun, ibu pasti akan khawatir jika anaknya sakit apalagi jika masih usia harian dan bulanan.

Di masa pandemi virus corona di mana semua orang harus lebih berhati-hati, bagaimana panduan yang tepat untuk ibu menyusui? Dilansir dari Healthline, ini hal yang perlu diperhatian ibu menyusui agar tetap bisa menjaga kesehatan bayi.

1. Memastikan dirinya sendiri dalam keadaan sehat

Ibu harus mengetahi kondisi kesehatannya terlebih dahulu, apakah sedang demam, pilek atau ada gejala akan flu? Cek suhu badan setia hari dan cek juga suhu badan bayi, pastikan tidak ada gejala sakit apa pun.

2. Mencuci tangan sebelum kontak dengan bayi

Ibu harus mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih sebelum menyentuh atau menggendong bayi untuk menyusuinya.

3. Pakai masker dan pakaian bersih

Meski yakin tidak sakit masih tetap ada kemungkinan ibu membawa virus penyakit. Jadi untuk berjaga-jaga, akan lebih baik jika selama menyusui ibu memakai masker. Sebisa mungkin menyusui dalam keadaan tubuh dan pakaian bersih.

4. Pompa ASIA

lternatif yang baik jika khawatir bayi terserang penyakit karena ibu sering keluar rumah atau bekerja di luar rumah adalah memompa ASI dan meminta keluarga yang sehat di rumah memberikan susu dalam botol untuk bayi. Pastikan sudah membersihkan peralatan dan menjaga botol asi higienis.

5. Tidak membiarkan sembarang orang mengunjungi dan menyentuh bayi

Seringkali tetangga atau saudara jauh ingin berkunjung melihat bayi, katakan tidak perlu. Demi menjaga kesehatan bayi yang imun tubuhnya masih belum kuat, batasi siapa saja yang bisa melakukan kontak dengan bayi.

Itu dia panduan yang bisa diterapkan ibu menyusui agar bayi tetap sehat di rumah.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading