Sukses

Parenting

Cara Asik Sandra Dewi Ajarkan Anak Berterima Kasih dan Maaf Lewat Buku

Fimela.com, Jakarta Menanamkan rasa terima kasih dan berani meminta maaf pada si kecil, sebaiknya sedini mungkin. Hal ini dapat membuat anak lebih bersyukur serta memiliki rasa tanggung jawab.

Aktris sekaligus ibu dua anak, Sandra Dewi pun mengaku telah mengajarkan anak-anaknya berterima kasih dan minta maaf.

"Saya mulai mengajarkan ucap terimakasih ketika anak-anak diberi sesuatu. Dan ketika bermain, ada yang rebutan trus kakanya nyenggol adiknya, saya ajarkan untuk minta maaf," ujar Sandra Dewi dalam peluncuran buku seri "Sikap Baik: Terima Kasih dan Maaf".

Ia juga menyampaikan, memberi contoh menjadi salah satu upaya agar anak-anak belajar. "Jadi sebagai orang tua kita harus mencontohkan sikap baik pada anak. Dengan begitu anak jadi mengikutinya," tambahnya.

Selain itu, Sandra Dewi juga punya cara seru dalam mengajarkan rasa terima kasih dan minta maaf, yaitu dengan membacakan buku. "Kalau lewat buku anak-anak lebih senang, karena bisa eksplore dari gambar-gambarnya juga kan," tuturnya.

Serial Buku Sikap Baik untuk Anak di Usia Dini: “Terima Kasih” dan “Maaf”

Salah satu rekomenasi buku untuk anak dan orang tua ialah Buku Serial Buku Sikap Baik untuk Anak di Usia Dini: “Terima Kasih” dan “Maaf” yang dikerjakan bersama oleh Dr. Mesty Ariotedjo Sp. A (Dokter Anak), Gianti Amanda, S. Psi, Montessori Dipl (praktisi anak usia dini), Reda Gaudiamo (penulis buku anak), dan Bellansori (Ilustrator).

Dr. Mesty Ariotedjo Sp. A menyampaikan Serial Buku Sikap Baik berisikan contoh konkret dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari untuk mengucapkan terima kasih dan maaf. “Terima Kasih” dan “Maaf” merupakan ungkapan penghargaan dan penghormatan yang penuh makna.

Dengan ditanamkannya nilai-nilai yang bermoral sejak usia dini, anak dapat memproses dan menyerap makna utama dari ungkapan tersebut. Kedua Serial Buku Sikap Baik ini juga melampirkan petunjuk bagi orang tua tentang bagaimana cara menginspirasi anak untuk bersikap baik.

"Buku “Terima Kasih” dan “Maaf” diharapkan dapat menjadi salah satu cara bagi orang tua dan anak untuk semakin dekat, dengan cara menjadikan membaca buku sebagai rutinitasharian, misalnya saat sebelum tidur, sehingga mereka selalu memiliki waktu berkualitas bersama yang konsisten setiap harinya," papar Dr. Mesty

Mesty mengatakan, orang tua tidak hanya dapat mengajarkan minta maaf saja tapi bisa menjelaskan kenapa anak harus minta maaf atau mengapa harus berterima kasih.

Kedua serial buku Sikap Baik, “Terima Kasih” dan “Maaf” dapat diperoleh secara online melalui Tokopedia dengan mengakses laman ‘Tentang Anak Official’ dengan harga masing-masing Rp 75,000,-.

#changemaker

;
Loading