Sukses

Parenting

5 Ide Menarik untuk Membantu Anak Tidur di Kamar Sendiri

Fimela.com, Jakarta Akan ada banyak perbubahan dalam kehidupan balita. Saat anak berpindah dari kamar tidur orangtua ke kamar tidur sendiri mungkin juga menjadi masalah tersendiri bagi sebagian besar orangtua. Memindahkan balita ke kamar tidur baru adalah perubahan umum lainnya yang terjadi ketika Mom mungkin segera melahirkan anak kedua. Berikut ini adalah beberapa ide sederhana untuk memudahkan trasisi memindahkan anak ke kamar tidur baru.

Lakukan Secara Bertahap

Selama bayi belum lahir, tidak perlu segera memindahkan anak. Sebaliknya, gunakan waktu yang Mom miliki untuk melakukan transisi bertahap ke kamar tidur baru. Namun, pastikan transisi selesai jauh sebelum saudara baru lahir. Ini akan membantu Mom menghindari perasaan cemburu karena anak yang baru lahir, mendorong anak pertama keluar dari kamarnya.

Pindahkan Barang Favoritnya

Mulailah dengan membawa beberapa barang favorit anak ke ruangan baru, seperti boneka binatang atau mainannya. Rencanakan untuk menghabiskan waktu bermain di kamar sebelum Mom beraktivitas. Selain itu, cobalah untuk melakukan rutinitas waktu tidur malam di kamar barunya. Mulailah dengan membaca cerita pengantar tidur di kamar baru.

Melibatkan Anak saat Berpindah Kamar

Cara terbaik untuk melakukan ini jika Mom berencana memindahkan si kecil ke kamar tidur baru adalah dengan mengajaknya memilih dekorasi baru. Mom tidak harus menyerahkan sepenuhnya kendali kreatif, tetapi para orangtua dapat melibatkan anak dalam prosesnya dengan memberinya pilihan, seperti memutuskan antara dua warna cat atau memilih satu set seprai. Melibatkan anak dalam suatu transisi membuat perubahan itu terasa tidak terlalu menakutkan dan memberi anak rasa kendali atas situasinya.

Pertahankan Rutinitas Waktu Tidur yang Sama

Saat balita sedang bertransisi ke kamar tidur baru, penting untuk menjaga rutinitas waktu tidur senormal mungkin. Ini bukan waktunya untuk mengubah waktu anak pergi tidur atau mengganti keadaan. Memahami apa yang akan terjadi selanjutnya akan membantu anak menyesuaikan diri lebih cepat dengan lingkungan baru.

Minimalkan Perubahan

Pindah ke kamar baru sering kali tampak seperti peluang bagus untuk memindahkan anak dari tempat tidur anak ke tempat tidur yang lebih lebih besar. Namun, lakukan ini hanya jika anak benar-benar siap untuk tidur sendiri.

Memindahkan anak dari tempat tidur bayi ke kamar barunya mungkin akan lebih banyak usaha untuk membujuknya. Akan butuh waktu untuk membiasakan diri di tempat tidur barunya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading