Sukses

Parenting

5 Hal yang dapat Memengaruhi Kualitas Tidur Anak Menjadi Buruk

Fimela.com, Jakarta Anak-anak usia sekolah mungkin tidak membutuhkan tidur sebanyak saat mereka masih balita, namun tubuh mereka masih membutuhkan banyak istirahat. Tidur yang buruk dapat menyebabkan masalah perhatian dan perilaku, prestasi di sekolah, meningkatkan risiko penambahan berat badan, dan bahkan menurunkan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah alasan paling umum yang menyebabkan anak tidak bisa tidur nyenyak.

Perangkat elektronik

Menonton TV, menatap layar ponsel atau juga bermain video game, menjadi salah satu penyebab mengapa anak mengalami sulit tidur. Ini dapat menjadi masalah bagi anak-anak karena mereka perlu cukup tidur untuk waspada dan fokus di sekolah.

Jangan biarkan anak-anak menonton TV atau bermain video game setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, dan lakukan sesuatu yang tenang dan menenangkan, seperti mandi atau membaca buku bersama. Selain itu, jauhkan TV, komputer, dan layar lain dari kamar tidur anak. Bahkan layar kecil, seperti smartphone, telah terbukti menyebabkan masalah tidur bagi anak-anak ketika mereka diperbolehkan berada di kamar tidur anak-anak.

Berpindah dari Satu Tempat ke Tempat Lainnya

Sulit bagi siapa pun baik anak-anak atau orang dewasa untuk tiba-tiba berubah dari terjaga menjadi tertidur tanpa waktu dan rutinitas sebelum tidur untuk beralih dari satu ke yang lain. Anak-anak usia sekolah, terutama yang lebih muda, membutuhkan sedikit waktu untuk transisi, apakah mereka pergi dari satu tempat ke tempat lain atau tidur.

Jika Mom tidak mengizinkan anak memiliki waktu untuk beristirahat sebelum pergi tidur, kemungkinan besar mereka tidak akan bisa langsung tidur. Beri anak waktu untuk beralih dari bangun menjadi tertidur dengan memastikan ada ketenangan dan kedamaian saat mandi, saat menyikat gigi, dan saat membaca buku.

Waktu Tidur Tidak Konsisten

Masalah lain yang dapat mengganggu tidur anak adalah mengharapkan seorang anak tidur pada waktu tertentu pada suatu malam dan kemudian pada waktu yang sangat berbeda pada malam yang lain. Sayangnya, waktu tidur yang tidak konsisten hanya akan membuat anak-anak menjadi lebih lelah keesokan harinya dan tidak dapat tertidur pada waktu tidur mereka yang biasa.

Kurangnya Rutinitas Waktu Tidur

Jika anak sulit tidur, mungkin inilah saatnya untuk melihat rutinitas malam hari mereka. Memiliki rutinitas waktu tidur yang baik penting bagi anak, seperti mandi air hangat yang menenangkan, lampu dan musik yang lembut, dan buku yang bagus semuanya bisa menjadi bagian dari rutinitas malam yang memberi sinyal kepada anak-anak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat dan bersantai.

Kafein

Penyebab lain yang dapat mengganggu tidur anak-anak mungkin tersembunyi dalam makanan mereka. Jika camilan larut hari anak atau makanan penutup setelah makan malam sering kali berisi cokelat, misalnya, kue chocolate chip, susu cokelat, atau cokelat lainnya maka anak mungkin mengalami masalah tidur karena cokelat mengandung kafein.

Nah, Mom sebaiknya perhatikan waktu tidur anak ya agar mereka mendapatkan cukup istrahat yang dapat memengaruhi konsentrasi mereka saat belajar di sekolah.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Jenis Makanan yang Digunakan untuk Memulai Metode Finger Food pada Anak
Artikel Selanjutnya
Memahami Pentingnya Peran Ibu dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak