Sukses

Parenting

Tips Menjelaskan Menstruasi pada Anak Perempuan

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang menstruasi dengan anak perempuan tidak harus menjadi hal yang canggung. Kebanyakan anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama mereka di usia antara 12 dan 13 tahun, tapi sekitar 15% mendapatkannya lebih awal, semuda 8 atau 9 tahun.

Namun, sebenarnya tidak ada usia yang terlalu muda untuk memulai percakapan tentang menstruasi dengan anak perempuan, jadi ini bukan hal yang menakutkan. Menstruasi adalah bagian yang sehat dan normal dari masa dewasa seorang perempuan dan itu dimulai selama masa pubertas, saat tubuh secara bertahap berubah dari anak-anak menjadi dewasa, seperti dilansir dari todaysparent.com.

Penjelasan tentang proses menstruasi yang sebenarnya sesuai dengan usia juga penting. Tekankan juga pada anak perempuan bahwa walaupun cairannya terlihat seperti darah, karena warnanya yang cokelat atau merah, sebenarnya sebagian besar terdiri dari air.

 

Tips bicara menstruasi dengan anak perempuan

Carilah peluang alami untuk bercakap-cakap tentang menstruasi dengan anak perempuan. Jika anak perempuan telah mengalami menstruasi untuk pertama kalinya, bantu ia mengidentifikasikan pola menstruasinya, sehingga ia bisa mulai memprediksi kapan akan mulai dan berakhir.

Pastikan juga ia siap dengan produk sanitasi, obat penghilang rasa sakit jika diperlukan, dan pakaian yang bisa membantu. Selain itu, sangat penting untuk menghilangkan mitos.

Dan segera setelah anak perempuan mendapatkan menstruasi pertamanya, bicarakan hal-hal praktis seperti berenang, apa yang harus dilakukan jika pakaian mereka terkena darah, dan bagaimana berolahraga, serta obat-obatan yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Orangtua laki-laki juga harus dilibatkan dalam pembicaraan ini, sehingga mereka bisa mendukung dan memahami.

Menstruasi memang bisa merepotkan, tapi optimislah bahwa kamu bisa membantu sebagai orangtua. Ingatkan anak perempuan bahwa hampir semua perempuan di dunia pasti mendapatkan menstruasi dan mereka baik-baik saja.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ayah yang Punya Anak Perempuan Cenderung Hidup Panjang Umur
Artikel Selanjutnya
8 Penyebab Haid Tidak Teratur Tanggalnya