Sukses

Parenting

Pastikan Bersih, Ketahui Cara Mencuci Botol Susu Bayi dari Manual Hingga Mesin

Fimela.com, Jakarta Dalam masa tumbuh kembang anak, para ibu tentu membutuhkan alat perlengkapan bayi, seperti botol susu atau dot. Botol susu bayi merupakan wadah yang dapat menampung susu atau makanan yang akan dikonsumsi melalui mulut bayi. Oleh karena itu kebersihan botol bayi perlu menjadi perhatian para ibu. 

Meski terdengar sederhana, tidak semua ibu tahu cara mencuci botol susu bayi dengan benar. Botol susu bayi yang dibersihkan tanpa teknik atau aturan yang benar dapat menjadi sarang kuman. Dikutip alodokter.com, sarang kuman pada botol bayi dapat meningkatkan risiko infeksi pencernaan, yang akhirnya menimbulkan diare dan muntah. 

Cara membersihkan botol bayi dapat dilakukan secara manual, menggunakan tanagn ataupun menggunakan mesin pencuci. Meski sudah dibersihkan, botol susu bayi perlu melewati proses sterilisasi agar terjamin bebas dari bakteri. 

Ketahui cara mencuci botol susu bayi yang baik dan benar, mulai dari manual hingga menggunakan mesin. Berikut aturan mencuci botol susu bayi dengan aturan yang tepat dan benar.

Mencuci tangan

Peraturan pertama yang patut untuk diperhatikan dan diterapkan oleh para ibu, sebelum membersihkan botol susu bayi, adalah mencuci tangan dengan benar. Terdengar sepele, tetapi hal ini dapat mencegah bakteri dari tangan berpindah ke botol susu bayi.

Cuci tangan dengan air mengalir, boleh menggunakan air hangat. Lalu, basuh keseluruhan area tangan dan jari-jari dengan sabun antiseptik. Pastikan untuk membersihkan keseluruhan area tangan dengan tepat. Basuh kembali tangan menggunakan air mengalir, pastikan tangan bersih keseluruhan dari sabun.

Membersihkan botol susu secara manual

Untuk membersihkan botol bayi secara manual dengan menggunakan tangan, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut informasinya dirangkum dari alodokter.com:

  1. Cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Gosok tangan selama kurang lebih 20 detik dengan sabun.
  2. Pisahkan semua bagian botol susu, seperti botol, dot, katup botol dan tutup botol. Setelahnya bilas dengan air mengalir.
  3. Rendam semua bagian dari botol dengan baskom yang berisi air hangat dan sabun. Hindari meletakkan bagian botol di wastafel, untuk menghindari kontaminasi dari kuman.
  4. Bersihkan bagian botol satu per satu dengan menggunakan sikat khusus botol bayi. Bersihkan botol bayi hingga ke dasarnya.
  5. Bersihkan dot dengan air mengalir, hingga air keluar dari lubang dot. Hal ini untuk memastikan kebersihan dot.
  6. Bilas kembali semua bagian botol susu dengan air bersih. Setelahnya keringkan dengan handuk bersih yang bersih dan bebas dari debu.

Membersihkan botol dengan mesin pencuci

Untuk membersihkan botol susu bayi, para orangtua juga dapat menggunakan mesin pencuci. Meski terdengar efisien, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan botol susu bayi dengan mesin. Berikut informasinya:

  1. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Gosok tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun. 
  2. Pisahkan semua bagian botol, seperti botol, dot, cincin dan katup botol.
  3. Bilas keseluruhan bagian botol, dapat menggunakan air dingin atau air hangat yang bersih.
  4. Masukan semua bagian botol ke dalam mesin pencuci. Pastikan untuk menaruh bagian-bagian yang kecil dalam keranjang tertutup.
  5. Untuk hasil yang maksimal, isi mesin pencuci dengan air hangat, agar kuman dalam botol mati.
  6. Ketika sudah selesai, angkat semua bagian botol dan keringkan dengan handuk bersih.

Proses sterilisasi

Setelah membersihkan botol bayi dengan menggunakan tangan maupun mesin pencuci. para ibu disarankan untuk melakukan proses sterilisasi untuk memastikan keamanan botol susu. Hal ini dilakukan untuk memastikan kuman pada botol bayi telah mati secara keseluruhan.

Pisahkan seluruh bagian botol dan rendam semua bagian pada panci berisi air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Setelah bersih keseluruhan, angkat dari panci dan keringkan dengan handuk bersih. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Paula Verhoeven Ceritakan Bedanya Perlengkapan Bayi untuk Kiano dan Kenzo
Artikel Selanjutnya
5 Perlengkapan Bayi Terpenting untuk Menyambut Kedatangan Sang Buah Hati