Sukses

Parenting

Ampuh! Tiru 5 Cara Ini Dalam Membantu Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Tidur larut malam alias begadang tidak baik dilakukan, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Tak dapat disangkal, anak memiliki energi yang begitu besar sehingga seringkali membuat mereka susah tidur di malam hari. Hal ini menyebabkan anak mudah lelah dan sulit konsentrasi saat beraktivitas di hari berikutnya.

Diketahui bahwa kurangnya tidur pada anak bisa berdampak pada kemampuan akademik yang lebih buruk. Selain itu, kurang tidur dapat berdampak pada otak, fungsi kognitif serta kontrol impuls sehingga memicu munculnya masalah perilaku baik pada anak-anak maupun saat remaja.

Ada sejumlah cara ampuh yang dapat dilakukan oleh para orangtua dalam membuat si kecil yang sulit tidur sehingga bisa cepat tidur bahkan memiliki kualitas tidur lebih baik di malam hari yang telah Fimela rangkum dari merdeka.com, Rabu (27/10/2021).

Area Tidur yang Nyaman

Area di kamar tidur dapat mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Buatlah kamar sebagai daerah yang bebas dari berbagai hal dan aktivitas. Hindari si kecil untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau menggunakan gadget ketika di dalam kamar. Selain itu, pastikan kamar memiliki suhu udara yang cukup nyaman dengan tidak terlalu panas ataupun dingin. Kemudian, sebaiknya kamar berada dalam kondisi gelap. Meski demikian, akan lebih baik lagi jika kamar disesuaikan dengan suasana yang disenangi oleh anak.

Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Bermain gadget akan membuat seseorang kesulitan tidur. Dengan begitu, hindari penggunaan gadget ketika di kamar tidur dan sebaiknya batasi penggunaan tersebut pada anak sebelum tidur. Cobalah untuk mengganti aktivitas si kecil dengan membaca atau mendengarkan lagu yang tenang sebelum tidur.

Berolahraga di Sore Hari

Melakukan aktivitas di sore hari dapat membuat anak akan lebih mudah tertidur di malam harinya. Disarankan bagi anak untuk beraktivitas baik berjalan, berenang atau bermain sepeda selama beberapa jam dibandingkan hanya duduk menonton televisi atau menggunakan gadget.

Batasi Gula di Malam Hari

Mengonsumsi permen yang mengandung banyak gula bisa menjadi hal yang mengganggu tidur si kecil. Cobalah untuk mengganti permen dengan pilihan yang lebih menyehatkan seperti es krim atau kue bebas gula. Dipercaya bahwa hal ini dapat membantu anak lebih cepat dan mudah untuk tidur di malam hari.

Membuat Jadwal Pada Rutinitas Sehari-Hari yang Konsisten

Khususnya ketika anak sudah mulai masuk sekolah, membuat rutinitas yang konsisten pada kehidupan si kecil menjadi sangat penting. Misalnya, pastikan PR dan tugas bisa selesai sebelum melebihi jam tidur dan memastikan tas telah tertata rapi. Jika menerapkan hal ini, maka dapat menghindari aktivitas berlebih sebelum jam tidur sehingga anak dapat tidur dengan lebih mudah.

Jika anak bisa tidur cepat dengan mudah di malam hari, dipastikan Sahabat Fimela tak perlu khawatir akan datangnya berbagai masalah yang dialami si kecil di pagi harinya.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan 6 Aktivitas Ini untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik dan Sensorik Anak
Artikel Selanjutnya
Kombinasi Passion Flower dan Valerian Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur