Sukses

Parenting

Apakah Penggunaan Kontrasepsi Mengganggu Produksi ASI? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan dan menyusui, setiap ibu pasti ingin produksi ASInya lancar. Namun sayang, beberapa ibu mengalami gangguan produksi ASI sehingga ASI yang keluar tidak lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali. 

Mengenai lancar tidaknya produksi ASI, penelitian menemukan ada beberapa penyebab kenapa produksi ASI tidak lancar. Beberapa orang juga percaya bahwa tidak lancarnya produksi ASI karena penggunaan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Lantas, benarkah penggunaan kontrasepsi menghambat kelancaran ASI?

Penggunaan Kontrasepsi Saat Menyusui

Melansir dari laman parents.com, menggunakan alat kontrasepsi saat menyusui adalah suatu hal yang aman dilakukan. Para ahli menyebutkan jika penggunaan alat kontrasepsi seharusnya tidak berpengaruh pada produksi ASI. Kalau pun produksi ASI kurang lancar selama menyusui, kemungkinan ada beberapa penyebab lain. 

Penyebab ASI tidak lancar secara menyusui antaranya sebagai berikut: 

  • Ibu stres atau depresi.
  • Perubahan hormonal dalam tubuh ibu. 
  • Cara menyusui yang salah atau pelekatan yang kurang tepat saat menyusui.
  • Kurangnya aktifitas menyusui atau memompa ASI. Semakin jarang bayi menyusu atau ibu memompa ASI, ini bisa mengurangi produksi ASI. 
  • Bayi yang telah diberikan makanan atau minuman pendamping ASI sehingga frekuensi menyusui berkurang. 
  • Ibu mengalami dehidrasi. 
  • Ibu konsumsi obat-obatan tertentu yang bisa berpengaruh pada produksi ASI.

Bagaimana Memperlancar Produksi ASI?

Ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk memperlancar produksi ASI. Cara tersebut mulai dari mengelola stres dengan baik. Usahakan agar senantiasa bahagia dan berpikiran tenang. Usahakan untuk lebih sering menyusui atau meningkatkan frekuensi menyusui serta memompa ASI. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayur dan buah. 

Mom juga penting menghidrasi tubuh dengan baik, miliki istirahat dan olahraga cukup. Perbaiki lagi pelekatan bayi saat menyusui. Sesekali kompres payudara dengan air hangat atau mandi air hangat agar produksi ASI semakin lancar. 

Jadi Mom, penggunaan kontrasepsi bukan penyebab utama produksi ASI berkurang atau tidak lancar. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading