Sukses

Parenting

4 Cara Membuat Anak Pintar dan Berprestasi di Dalam dan Luar Sekolah

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti memiliki mimpi besar untuk masa depan anaknya. Entah melihat anak berprestasi di lingkungan sekolah seperti menjadi juara di kelas atau berprestasi di luar sekolah dengan memenangkan perlombaan bola basket. Kebanyakan dari orang berharap anak memiliki kecerdasan yang dapat mengantarkan mereka menuju jalan kesuksesan yang dipilih. 

Berbagai upaya dilakukan oleh orangtua agar anak menjadi pintar dan berprestasi, salah satunya dengan memasukkan anak pada les atau pelajaran tambahan. Namun upaya tersebut nyatanya belum cukup, perlu adanya dukungan dari lingkungan dan orangtua agar anak meraih kesuksesan. 

Melansir dari connectionsacademy.com berdasarkan penelitian dari National Institute of Health menunjukkan bahwa 50 persen kecerdasan anak berasal dari genetika, sedangkan 50 persen lainnya berasal dari faktor lain, termasuk lingkungan di mana anak dibesarkan.

Orangtua memiliki pengaruh besar dalam masa depan anak. Namun, itu semua tergantung bagaimana orangtua mendidik, membesarkan, dan mendukung anak dalam setiap perkembangannya untuk tumbuh menjadi anak yang pintar dan berprestasi. 

Seleksi Sekolah

Sekolah menjadi tempat bagi anak untuk menghabiskan waktunya belajarnya, baik sekolah homeschooling atau sekolah fisik dapat memengaruhi lingkungan belajar anak. Sehingga, penting bagi orangtua untuk mencari sekolah yang dapat menunjang bakat dan minat sang anak agar dapat berprestasi di dalam maupun luar sekolah.

Definisi kesuksesan

Meskipun kebanyakan orangtua ingin anaknya berprestasi di lingkungan sekolah, orangtua perlu mengetahui arti kesuksesan bagi anak. Meskipun anak mendapatkan juara di sekolah, orang tua perlu tahu apa minat dan hobi anak, hingga apakah sekolah mereka dapat menunjang keberhasilan dari bakat dan prestasi yang dimiliki?

4 Cara Agar Anak Tumbuh jadi Pintar dan Berprestasi

1. Biasakan anak untuk membaca

Membaca merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat diterapkan kepada anak. Selain hemat biaya, membaca juga menjadi cara yang efektif untuk membuat anak menjadi pintar karena buku menjadi sumber informasi yang dapat memberikan banyak wawasan kepada anak.

Berikut merupakan keuntungan membaca bagi anak:

  • Menambah wawasan
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Memperluas kosakata
  • Sebagai latihan otak
  • Mengurangi stress
  • Memperkaya pikiran analitis.

2. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk anak belajar

Belajar tidak hanya dapat dilakukan di sekolah, melainkan di rumah pun anak bisa melakukan kegiatan belajar. Untuk menunjang aktivitas belajar anak orang tua perlu untuk menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan kondusif bagi anak untuk belajar. 

Suasana rumah yang tentram dan keluarga yang damai sangat penting untuk aktivitas belajar. Anak-anak perlu untuk diberi rasa nyaman dan aman sehingga orangtua tidak boleh membuat anak terjebak dalam perkelahian atau perselisihan antar ibu dan ayah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mendukung anak dalam belajar adalah dengan meluangkan waktu untuk menemani anak belajar. Anak perlu support system agar mereka mau dan rajin belajar.

3. Beri asupan yang sehat dan bergizi 

Seperti yang sahabat Fimela tahu, saat ini orangtua memiliki jadwal yang padat terutama dalam hal pekerjaan. Hal ini membuat orangtua jarang membuatkan sarapan yang sehat untuk anaknya, sering kali anak diberi asupan makanan cepat saji yang tidak memiliki nutrisi baik untuk anak. 

Sebagai orangtua wajib untuk memberikan anak makanan yang sehat dan teratur karena makanan yang bergizi dapat melindungi anak dari berbagai penyakit. Selain itu makanan yang sehat dapat membuat anak menjadi lebih cerdas karena kandungan vitamin dan zat besi baik untuk perkembangan otak anak. 

4. Bantu anak latihan otak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas dan berprestasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak cerdas dan berprestasi adalah dengan melakukan latihan otak pada anak. Sama seperti aktivitas lainnya yang dilakukan untuk meningkatkan stamina, latihan otak dapat merangsang energi yang memicu otak untuk berpikir.

Keuntungan latihan otak bagi anak:

  • Membantu anak Anda menjadi lebih cepat dan tanggap
  • Meningkatkan antusiasme anak untuk mempelajari hal baru
  • Meningkatkan kebugaran dan merangsang kekuatan otak
  • Meningkatkan penglihatan
  • Mengembangkan bakat dan seni
  • Meningkatkan keterampilan komunikatif anak

Otak setiap anak dapat menyerap segala informasi yang diterimanya, sehingga orangtua perlu untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan usia anak untuk meningkatkan kecerdasan dan menggali bakat sang anak. Latihan otak dapat dilakukan sambil bermain, permainan yang bisa dicoba untuk melatih otak anak adalah permainan papan balok, teka-teki, dan catur.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

What's On Fimela
Loading