Sukses

Parenting

Selain Nanas, Ini 3 Buah yang Lebih Baik Dihindari saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Buah memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti vitamin dan mineral yang berperan penting untuk mengatur kesehatan, apalagi saat hamil kamu membutuhkan asupan nutrisi ini lebih banyak. Namun begitu beberapa kandungan pada buah-buahan tertentu yang aman dikonsumsi saat normal akan berubah berbahaya saat tengah berada pada masa kehamilan. 

Jika mendengar tentang buah terlarang saat hamil maka buah nanas lah yang akan datang pertama di pikiran. Hal tersebut memang benar adanya sebab kandungan bromelain dalam nanas yang dikhawatirkan dapat memicu keguguran apalagi saat trimester pertama ketika janin masih lemah. Namun selain nanas ada beberapa buah yang lebih baik kamu hindari saat tengah mengandung buah hati. 

Mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi memang lebih baik menghubungi dokter secara langsung. Namun begitu dilansir dari theAsianParent, ini dia 3 buah yang umumnya tidak direkomendasikan saat tengah hamil.

Anggur

Masih menjadi perdebatan tentang buruk atau baiknya mengkonsumsi anggur saat tengah mengandung. Namun yang jelas kebanyakan dari buah anggur tinggi akan pestisida saat penanamannya yang dikhawatirkan membahayakan janin. Apalagi terdapat sejenis antioksidan pada kulit anggur bernama resveratrol yang memberi efek buruk pada wanita hamil seperti mengganggu perkembangan janin. Selain itu mengkonsumsi anggur juga memiliki kemungkinan besar akan mengalami konstipasi yang mana sangat mengganggu.

Pepaya Belum Matang

Berbeda dengan pepaya matang yang mengandung banyak nutrisi baik untuk mendukung kehamilan, pepaya yang belum matang malah sebaliknya. Pepaya belum matang yang biasanya kita jadikan rujak buah ini mengandung banyak latex dan papain. Dimana latex sendiri adalah alergen yang bisa memicu reaksi alergi seperti pilek, bengkak, dan gatal-gatal. Sedangkan kandungan papain yang tinggi dapat menyebabkan persalinan dini atau prematur.

Asam Jawa

Rasa ngidam akan makanan masam memang sering didapati saat tengah hamil, tapi kamu patut berhati-hati jika itu mengkonsumsi asam jawa. Seperti yang kita tahu bahwa asam jawa sangat tinggi akan vitamin C, oleh karena itu jika memakannya terlalu banyak akan mengurangi hormon progesteron pada ibu hamil. Bisa menyebabkan keguguran bahkan kerusakan sel pada janin. Kamu harus memperhatikan porsinya apalagi jika sedang berada dalam fase trimester pertama. 

Kamu masih bisa mendapatkan nutrisi baik dari buah-buahan asal dengan porsi yang sewajarnya. Konsultasikan juga ke dokter kandunganmu untuk mengetahui lebih pasti kondisimu dan menentukan makanan apa saja yang sebaiknya kamu hindari. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading