Sukses

Parenting

5 Manfaat Utama Minum Susu Secara Rutin Bagi Balita

Fimela.com, Jakarta Minum susu adalah bagian penting dari pola makan balita yang sehat. Susu mengandung nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Meski susu tidak disarankan menjadi asupan nutrisi utama untuk anak-anak terutama balita, tapi tak bisa dipungkiri jika susu sebagai salah satu minuman yang penting dikonsumsi sehari-hari sebagai nutrisi tambahan. 

Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa manfaat mengagumkan ketika balita minum susu secara rutin. Adapun manfaat tersebut antaranya sebagai berikut.

Sumber Kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi kuat anak. Susu adalah sumber utama kalsium. Kandungan kalsium pada susu membantu mencegah masalah tulang seperti osteoporosis di masa depan. Pertumbuhan tulang yang baik pada masa kanak-kanak merupakan faktor penting untuk kesehatan tulang sepanjang hidup anak nantinya. 

Sumber Energi

Susu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang menyediakan energi terbaik yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari dan pertumbuhan anak. Balita yang minum susu dengan baik dan rutin, cenderung memiliki tingkat energi yang cukup untuk bermain maupun belajar. Energi ini bahkan bisa sebagai peningkat sistem imun tubuh anak ke depannya. 

Sumber Protein

Protein adalah nutrisi yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan organ tubuh secara keseluruhan. Susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Nutrisi ini membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Susu mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan fosfor. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik, sementara vitamin B12 penting untuk perkembangan sel-sel darah dan sistem saraf.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu juga mengandung zat-zat penting seperti seng dan selenium. Zat ini berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan yang kuat membantu melindungi balita dari penyakit dan infeksi.

Itulah sekian manfaat utama dari konsumsi susu secara rutin bagi balita. Meski susu memiliki banyak nutrisi baik, konsumsi susu saja tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan gizi anak. Anak sangat penting mengonsumsi aneka makanan atau sumber nutrisi lain dari sayuran, buah-buahan, daging, ikan, sumber karbohidrat seperti nasi dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading