Sukses

Parenting

Berikut Waktu Terbaik Orangtua untuk Ikut Kelas Parenting

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua merupakan tugas seumur hidup untuk mengarahkan, mendidik, serta mengajarkan anak beragam norma maupun keterampilan. Kapan sih waktu terbaik untuk mengikuti kelas parenting? Apakah ketika sedang dalam masa hamil? atau bahkan ketika sudah lahir? Atau bahkan sebelum menikah sekalipun?

Membesarkan bayi selama 40 minggu membutuhkan banyak energi. Namun tentu saja kamu juga harus memperhatikan diri dan bayimu. Tidak hanya itu saja, pada masa kehamilan juga kamu akan mencari serta menerima informasi tentang parenting dari segala sumber baik dari keluarga, teman, hingga internet sekalipun. 

Masih bingung dengan langkah selanjutnya yang ingin diambil? Atau masih kesulitan dalam menentukan tipe kelas parenting apa yang cocok? Benarkah untuk mengikuti kelas parenting harus dalam kondisi ketika hamil saja? Atau ada faktor lain? Informasi dari BrightCHAMPS dan Core4parenting akan membantumu untuk mengarahkan lebih lanjut dalam mengambil langkah mengikuti kelas parenting, berikut informasi lengkapnya. 

Tipe-tipe kelas parenting

Parenting menjadi hal yang menyenangkan namun penuh dengan tantangan yang membutuhkan pembelajaran dan pemahaman secara terus menerus. Untungnya saat ini sudah ada berbagai media yang tersedia bagi para orangtua yang sedang menghadapi berbagai tantangan serta kesulitan dalam mengurus anaknya. 

Pembelajaran yang didapatkan melalui kelas parenting adalah memudahkan orangtua untuk mendapatkan arah, pengetahuan, serta dukungan yang dibutuhkan untuk mengurus anak. Berikut adalah dua tipe kelas parenting yang umumnya diikuti oleh orangtua saat ini. 

Kelas tatap muka

Kelas tatap muka merupakan kelas parenting yang diadakan secara langsung dan difasilitasi oleh expert perkembangan anak dan parenting. Biasanya pertemuan tatap muka memiliki kurikulum yang terstruktur, diskusi yang interaktif serta aktivitas yang langsung dilakukan on the spot. Berikut beberapa keuntungan dari kelas tatap muka. 

  • Interaksi tatap muka

Kelas tatap muka memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan fasilitator serta orangtua lain. Melalui kesempatan ini pula baik fasilitator dan orangtua dapat memberikan cerita, bertanya mengenai parenting serta mendapatkan feedback yang membangun. 

  • Pembelajaran yang interaktif

Kelas tatap muka sering memberikan pelatihan, simulasi, serta aktivitas kelompok untuk memudahkan memahami serta mengaplikasikan konsep yang diajarkan. Pembelajaran interaktif ini juga akan mempermudah orangtua dengan kemampuan praktis yang dapat diaplikasikan pada saat mengurus anak.

  • Koneksi serta membangun komunitas

Mengikuti kelastatap muka juga memudahkan orangtua untuk membangun koneksi dengan orangtua lain yang mengalami kesulitan dan permasalahan yang serupa dalam mengurus anak. Tidak hanya itu, membangun koneksi serta dukungan dan menjaga pertemanan dengan sesama orangtua juga akan membangun sense of community serta hubungan pertemanan jangka panjang. 

Kelas online

Dengan perkembangan teknologi saat ini dan juga menyesuaikan dengan keadaan pasca pandemi, kelas parenting tersedia dalam online class serta menjadi populer dan digemari oleh para orangtua. Berikut merupakan beberapa keuntungan dari kelas online.

  • Fleksibel dan mudah 

Kelas online memberikan fleksibilitas untuk belajar dengan pace tersendiri serta dapat diakses pada waktu kapanpun. Orangtua juga dapat mengakses materi pembelajaran yang cocok dengan mereka sehingga memudahkan untuk belajar bahkan dapat disesuaikan dengan jadwal yang sibuk pula. 

  • Isi materi yang lebih beragam

Kelas online sering menawarkan topik maupun isi materi yang beragam sehingga memudahkan orangtua untuk memilih fokus area yang mereka inginkan. Baik disiplin secara positif, psikologi anak, maupun komunikasi efektif, orangtua dapat menemukan materi spesifik yang juga memenuhi kebutuhan spesifik mereka. 

  • Pembelajaran interaktif

Kelas online juga menggabungkan elemen interaktif seperti video, kuis, dan forum diskusi yang dapat memudahkan pengalaman belajar. Fitur-fitur tersebut memudahkan orangtua untuk terlibat dalam aktivitas menarik yang disertai dengan materi dan terhubung dengan orangtua lain meskipun melalui virtual. 

Kapan waktu terbaik untuk mengikuti kelas parenting?

 

Melalui Core4parenting, waktu terbaik mengikuti kelas orangtua adalah ketika sedang hamil. Pernah mendengar kalimat seperti ini? Lebih mudah mengurus bayi kecil yang masih ada didalam perut dibandingkan ketika mereka sudah lahir. Jika masih bingung kamu dapat mengikuti tiga step di bawah ini. 

  • Tanyakan kepada diri sendiri beberapa pertanyaan seperti hal apa yang paling aku khawatirkan? Visualisasikan anakmu dalam dekapan tangan dan tanyakan apa yang menjadi kerisauanmu sebagai orangtua. Apa yang bisa dipelajari dari sekarang sehingga dapat lebih percaya diri serta mendukung diri untuk mengurus anak di masa depan nanti? Buat beberapa deskripsi singkat. 
  • Kemudian tanyakan pada diri untuk siapakah aku mengambil kelas ini? Dengan siapakah aku dapat belajar dan membekali diri untuk menjadi orangtua yang aktif dan mawas diri? Dengan tantemu? Staff rumah sakit ketika kamu melahirkan? Dari expert yang menangani anak usia dini? Tidak peduli dengan siapa sumber belajarnya, kamu juga harus paham akan hal yang kamu butuhkan.
  • Terakhir cobalah mencari komunitas parenting yang terpercaya. Pastinya dalam komunitas parenting akan ada banyak orangtua yang sering memberikan feedback hingga menceritakan pengalamannya dalam mengurus anak. Dengan berbagai strategi di atas kamu akan menjadi orangtua yang lebih conscious serta dapat menjalani hari dengan baik.

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading