Sukses

Parenting

Mengenal Hypnoparenting, Gaya Pengasuhan dengan Metode Hipnosis Anak

Fimela.com, Jakarta Beragamnya gaya parenting saat ini, bahkan ada yang menggunakan metode hipnosis loh! Dalam beberapa tahun terakhir hypnoparenting sering menjadi bahan pembicaraan para orangtua dan pakar anak. pernahkah Sahabat Fimela mendengar gaya pengasuhan hypnoparenting?

Hipnosis lebih banyak dikenal sebagai modus tindakan kriminal. Nyatanya, hipnosis sering digunakan dalam dunia psikologi untuk terapi, bahkan dalam pengasuhan anak sehari-hari atau yang disebut dengan istilah hypnoparenting. Pedekatan unik ini menggabungkan prinsip-prinsip hipnosis dengan praktik pengasuhan anak.

Praktik hypnotheraphy telah ada sejak 2600 tahun sebelum masehi. Sementara hypnoparenting pertama kali dikembangkan oleh Dr. Franz Baumann, dokter anak asal Amerika Serikat pada tahun 1960an. Dalam konteks hypnoparenting, hipnosis digunakan sebagai alat untuk mencapai tingkat relaksasi yang mendalam, melibatkan perhatian terfokus, berkurangnya kesadaran periferal, serta peningkatan kapasitas untuk merespon.

Manfaat Hypnoparenting

Dilansir dari hellosehat.com, metode hypnoparenting sangat cocok untuk mengatasi perilaku bermasalah pada anak seperti anak yang susah makan, kecanduan bermain, sulit berhenti mengomol, malas belajar, dan sebagainya. Dengan diterapkannya metode hypnoparenting ini, memungkinkan pesan-pesan positif yang disampaikan orangtua dapat diterima lebih efektif oleh pikiran anak.

Hypnoparenting melibatkan orangtua yang belaja teknik hipnosis untuk menciptakan ikatan yang kuat dengan anak. Hal ini bukan tentang mengendalikan anak, melainkan membuka jalur komunikasi yang lebih baik. Berikut beberapa manfaat menerapkan metode hypnoparenting dalam mengasuh anak:

  • Mengatasi temper tantrum anak
  • Mencegah kecanduan gadget dan penggunaannya yang tidak tepat
  • Membangun karakter positif anak
  • Memperbaiki pola makan anak
  • Membant proses penyembuhan ketika sakit dengan mendengar arahan dokter
  • Membina keterampilan dan mencegah kenakalan remaja
  • Mengatasi kebiasaan yang bermasalah seperti mengompol, fobia, dan lainnya

Cara melakukan Hypnoparenting

Berikut beberapa cara menerapkan hypnoparenting kepada anak:

Ciptakan suasana nyaman

Saat ingin memberi nasihat, ajak anak berada di lingkungan dan situasi yang nyaman. Kemudian tunggu hingga anak siap untuk menerima nasihat seperti tidak banyak bergerak, memejamkan mata tapi tidak tertidur.

Gunakan kalimat positif

Agar nasihat diterima lebih efektif, selalu gunakan dan mainkan kata-kata positif. Hindari penggunaan kata negatif seperti “jangan” dan “tidak”.

Beri anak pujian

Ketika anak berhasil melakukan sesuatu yang baik, beri anak pujian dan hargai setiap usaha anak. Beri anak sugesti untuk bisa melakukan sesuatu yang orangtua inginkan dan tidak memberinya tekanan.

Beri cerita positif menjelang tidur

Ucapkan kalimat positif atau bacakan cerita yang mengandung makna positif saat anak menjelang tidur. Pada saat anak mengantuk, otak anak sedang rileks sehingga merupakan waktu yang tepat untuk memberinya sugesti.

Teknik hypnoparenting bukan sesuatu yang instan, dibutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam menerapkannya agar membuahkan hasil yang menetap pada karakter anak.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesJanuari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading